Bupati Optimis Teknik Sambung Mampu Tingkatkan Produksi Kopi Kepahiang

144
Bupati menyambung kopi
Bupati mencoba menyambung kopi dengan teknik cleft grafting | Foto: Bag. Humas & Protokol Setda

PROGRESKEPAHIANG.com – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid optimis jika semua tanaman kopi miik petani di Kepahiang diremajakan dengan cara atau teknik sambung, maka akan meningkatkan produksi kopi.

Ini dikemukakannya saat meluncurkan (launching) program unggulan kopi sambung di Desa Pungguk Beringang Kecamatan Ujan Mas Kepahiang, Sabtu (12/8/2017) sekira Pukul 09.30 WIB.

“Saat ini produksi kopi di Kabupaten Kepahiang mengalami penurunan karena tanaman kopi yang ada, sudah kurang produktif. Oleh karena itu dengan peremajaan dengan teknologi sambung pucuk, kita harapkan dapat meningkatkan produksi kopi,” sampai Hidayat.

Ia menjelaskan, tekni sambung yang digunakan adalah sambung pucuk (cleft grafting/top grafting).

Hidayat menjelaskan, Pemkab Kepahiang menargetkan dalam 2 tahun kedepan, sudah ada 4 hingga 5 juta batang kopi se-Kabupaten Kepahiang sudah diremajakan.

“Kita ilustrasikan saja 1 batang kopi bisa menghasilkan 1 sampai 2 Kg biji kopi dan 1 Hektare ada 3.000 batang kopi, maka dalam 1 Hektare akan menghasilkan 3 ton biji kopi. Akhirnya masyarakat petani kopi bisa lebih sejahtera,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Hidayat beserta rombongan juga sempat menyaksikan penyambungan perdana tanaman kopi yang diperagakan oleh Kelompok Tani Kawasan Industri Masyarakat Perkebunan (Kimbun).(pid/rls)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY