Gandeng PKK, Dinas KPP Programkan Gardening

118
Taufik
Ir. Taufik

PRORESKEPAHIANG.com – Lahan pekarangan rumah masyarakat cukup potensial untuk ‘disulap’ menjadi kebun hortikultura berupa buah-buahan dan sayur-sayuran. Pemanfaatan pekarangan ini biasa dikenal dengan istilah gardening. Bahkan, di perkotaan saat ini juga sedang populer cara bercocok tanam di pekarangan rumah modern, yang dikenal dengan istilah urban gardening.

Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan.

“Untuk membuat kebun pekarangan rumah ini DKPP akan bekerjasama dengan TP PKK kabupaten hingga desa. Kita akan berikan secara gratis bibit buah dan sayur-sayuran. Sehingga seluruh lahan pekarangan rumah masyarakat menjadi produktif,” jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kepahiang, Ir. Taufik.

Selain itu, DKPP juga akan mendirikan kebun percontohan pemanfaatan lahan pekarangan. Kebun percontohan ini dibangun di pekarangan Kantor DKPP.

“Di kebun percontohan ini kita akan menanam sayur-sayuran dengan menggunakan media tanam pollybag dan hydroponic. Sehingga, masyarakat dapat melihat secara langsung teknik penanaman dan penataan tanam hortikultura yang ditanam di lahan pekarangan,” ujar Taufik.

Menurut Taufik, kebun pekarangan ini diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan sayur-sayuran keluarga. Seperti cabai merah, cabai rawit, sawi, kol dan daun bawang. Bahkan, jika lahan pekarangannya luas, maka, produksi sayur-sayuran dan buah dapat dijual untuk menambah pendapatan keluarga. (rjs)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
BAGIKAN

LEAVE A REPLY