Bag Ortala: Dinas PU dan Distan Paling Memungkinkan Dimekarkan

141
Julian Muda
Julian Muda Parsah | Foto: Rahman Jasin/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Dinas Pertanian adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang paling memungkinkan dimekarkan. Ini dikemukakan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Kepahiang, Julian Muda Parsah kepada jurnalis Progres Kepahiang, Senin (13/11/2017) saat diwawancarai di ruang kerjanya.

“Dinas PU dan Dinas Pertanian paling memungkinkan jika dibanding OPD lain untuk dimekarkan, karena dinas tersebut sudah bertipologi A,” ungkap Julian.

Untuk pemekaran Dinas PU, sambungnya, harus diusulkan oleh OPD terkait, namun berkas persyaratannya belum lengkap.

“Sudah diusulkan, tapi persyaratannya belum lengkap hingga saat ini,” imbuh Julian.

Ia mengatakan, Dinas PU, diusulkan menjadi Dinas PU dan Tata Ruang (PUTR) dan ditambah lagi Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman. Sementara Dinas Pertanian (Distan) berpotensi dimekarkan menjadi Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura serta Dinas Perkebunan dan Peternakan.

“Pemekaran dinas ini harus di-Perda-kan dan berdasarkan persetujuan bupati. Selain itu juga melihat budget,” terangnya.

Selain itu, beberapa OPD lain juga mengusulkan penambahan bidang, seperti di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) dan Dinas Kominfo.

Moratorium Pemekaran OPD

Pada bagian lain, Julian menjelaskan bahwa ia telah melakukan konsultasi dengan Kabag Kelembagaan dan Analisis Jabatan Biro Organisasi Kemendagri terkait pemekaran OPD.

“Sewaktu di Jakarta lalu, saya sempat konsultasi dan disarankan jika pemekaran OPD harus berdasarkan kebijakan bupati dan budget yang ada. Jika itu belum siap, pihak Kemendagri menyarankan jangan dulu (moratorium),” tandasnya.(pid)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY