Hapus Aset Rp 39 Miliar, Dewan: Kapan Kami Pernah Setujui?

308
APBD Kepahiang
Tim Tindak Lanjut saat menyampaikan terkait temuan BPK RI dalam LHP LKPD APBD Kepahiang

PROGRESKEPAHIANG.com – Dalam rapat Pansus LHP DPRD Kepahiang di gedung Banggar DPRD, Kamis (30/6/2016), Tim Tindak Lanjut Temuan BPK di Pemkab Kepahiang menyebut telah menghapus aset senilai Rp 39 Miliar yang menjadi temuan BPK RI pada tahun anggaran 2014.Penghapusan aset itu diklaim telah berdasarkan persetujuan DPRD Kepahiang.

“Pada anggaran 2014 ada aset senilai Rp 39 Miliar yang kita hapus dan telah berdasarkan persetujuan DPRD. Aset itu terdiri dari Rp 26 Miliar sebagai yang tak bisa ditelusuri dan Rp 13 Miliar dinyatakan hilang,” ungkap Sekretaris Inspektorat Kepahiang, Harun.

Sebagian aset yang hilang, kata dia, telah melalui sidang di Majelis TGR dan telah memutuskan agar SKPD yang menghilangkan aset melakukan ganti rugi.

“Pada tahun anggaran 2016, kami mengharapkan aset-aset kita terdapat dengan baik dan tak lagi ada temuan BPK,” jelasnya.

Anggota DPRD Kepahiang, Edwar Samsi yang menanggapi pernyataan itu pun mempertanyakan terkait adanya persetujuan DPRD. Menurutnya, DPRD belum pernah menyetujui penghapusan aset hingga Rp 39 Miliar.

“Aset yang mana yang dihapus? Kok sampai Rp 39 Miliar, DPRD ini kolektif kolegial, keptusan harus berdasarkan keputusan bersama, tak bisa hanya pimpinan DPRD saja atau hanya satu fraksi saja. Kami ingin soal ini diperjelas,” kata Edwar.

Menurut Edwar, BPK RI telah kecolongan karena tidak melakukan verifikasi terlebih dahulu mengenai penhapusan aset senilai Rp 39 Miliar dan mengakui keabsahannya.

“Di sini BPK kecolongan, karena kami meresa belum pernah menyetujui penhpusan itu. Kalau pun memang layak dihapus, harus melalui mekanismme yang ada. Kami harus menggelar rapat, makanya kami mempertanyakan dewan yang mana yang sudah menyetujui itu,” tegas Edwar pada rapat yang juga dihadiri Ketua Tim Tindak Lanjut yang juga Wakil Bupati Kepahiang, Netti Herawati tersebut.(pid)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY