Soal Wisata Danau Lubuk Penyamun, Pemdes Harus Usulkan di Musrenbang

Progres Kepahiang
danau Lubuk Penyamun
Danau bekas tambang pasir di Desa Lubuk Penyamun yang berpotensi menjadi lokasi wisata

PROGRESKEPAHIANG.com – Terkait rencana Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Penyamun, Kecamatan Merigi yang ingin menjadikan bekas tambang pasir menjadi destinasi wisata danau, Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Dapil I, Edwar Samsi, S.IP, MM berpendapat bahwa rencana itu harus disampaikan ke Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

“Saya sudah dengar rencana Pemdes Lubuk Penyamun itu. Seharusnya Pemdes setempat menyampaikannya ke Musrenbang kecamatan, kalau tidak, maka tidak bisa masuk rencana dan sulit direalisasikan pembangunan infrastruktur dan fasilitas danau itu,”  saran Edwar, Rabu (15/6/2016).

Menurut Edwar, pembangunan kawasan wisata memang perlu dukungan Pemkab, karena akan sulit dibangun jika hanya mengandalkan ADD dan DD. “Sebenarnya bisa saja pakai ADD dan DD, tapi prioritas ADD dan DD tentu tak hanya wisata, fasilitas lain di desa perlu juga dibangun,”  terangnya.

Sebelumnya, Kades Lubuk Penyamun, Heryadi mengatakan bahwa untuk menjadikan kawasan bekas tambang pasir itu menjadi tujuan wisata perlu dibangun infrastruktur jalan, parkir, kantor pemantauan, gazebo dan fasilitas hiburan lainnya.

“Memang perlu banyak yang dibangun, mulai dari jalan menuju lokasi wisata, area parkir, kantor pantau, fasilitas hiburan dan lainnya. Kalau perhitungan kami, bisa sampai Rp 10 Miliar untuk bisa menjadikannya lokasi wisata yang lengkap, tapi itu adalah inveastasi bagi PAD dan PADes kita,” tandasnya.(pid)