Buat Laporan Proyek Palsu, 4 Orang Ini Didakwa Rugikan Negara Rp 1,6 Miliar

April 13, 2018
Hukum 0   742 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Empat terdakwa kasus dakwaan tindak pidana korupsi pembangunan jalan Tebat Monok-Simpang Waim, yakni SB, FH dan (warga Kota Bengkulu) dan JA (warga Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong) didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah merugikan negara Rp 1,6 Miliar.

Angka tersebut didapat berdasarkan penghitungan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu.

Dakwaan ini dibaca JPU Rusydi Sastrawan yang merupakan Kasi Pidsus Kejari Kepahiang pada sidang perdana kasus tersebut di Pengadilan Tipikor Bengkulu, Kamis (12/4/2018).

Dalam dakwaan itu disebutkan bahwa empat terdakwa bersama-sama membuat laporan pertanggungjawaban pekerjaan proyek yang tidak sesuai dengan realisasi. JPU menyebut proyek dikerjakan tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Selain itu, berdasarkan cek fisik oleh tim ahli ditemukan pekerjaan tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah dirancang. Namun, empat orang terdakwa dinilai telah bersekongkol membuat laporan pertanggungjawaban seakan-akan pekerjaan tuntas 100 Persen.

Proyek dengan total anggaran Rp 4.371.984.800 itu akhirnya dibangun dengan spesifikasi yang jauh dari rancangan.

“Laporan pertanggungjawabannya dibuat seolah-olah benar kalau proyek tuntas 100 Persen. Ternyata setelah tim ahli turun ke lapangan diketahui kalau laporan harian, mingguan dan bulanan dipalsukan,” kata Rusydi.

Empat terdakwa itu, lanjutnya, didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 dan Pasal 9 jo 55 ayat (1) ke 1 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

“Sidang yang kita gelar baru tahap pembacaan dakwaan,” kata Rusydi.

Untuk diketahui, pembangunan Jalan Tebat Monok – Simpang Waim Embong Ijuk itu dikerjakan pada tahun anggaran 2014. Proyek tersebut dikerjakan dengan anggaran bersumber dari Dinas PUPR Provinsi Bengkulu. Proyek itu dikerjakan oleh PT Putra Batu Bandung Pratama yang dikerjakan pada 30 Mei hingga 31 Oktober 2014.(koe)



Promosi BKD kepahiang
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.