Dibekali Ciri Aliran Sesat, Pelajar Diminta Lapor Aktivitas Mencurigakan

Desember 18, 2017
Hukum Pendidikan 0   72 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Tim Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) membekali para pelajar tingkat SMA sederajat di Kepahiang tentang ciri-ciri aliran sesat. Pelajar pun diminta melaporkan aktivitas mencurigakan yang terpantau di sekitar mereka.

“Kalau ada aktivitas mencurigakan, laporkan saja. Bisa laporkan ke Polres, Koramil, Kejari atau Pemkab Kepahiang. Untuk itu para pelajar perlu tahu ciri-ciri aliran sesat,” terang Waka Polres Kepahiang Kompol Rudy S saat menyampaikan materi Sosialisasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat di Kabupaten Kepahiang yang diselenggarakan di aula Hotel Umro, Senin (18/12/2017).

sosialisasi

Peserta sosialisasi PAKEM di aula Hotel Umro Kepahiang | Foto: Ist/PROGRES KEPAHIANG

Rudy menjelaskan, beberapa ciri aliran sesat yakni, melakukan pengajian di tempat terpencil yang terbilang sulit dijangkau atau terisolir. Kemudian, terkesan tertutup, lalu ada iuran khusus yang dipinta gurunya, dan aktivitas cara beribadahnya terlihat asing atau terindikasi menyimpang.

“Umumnya kan pengajian itu dilakukan di masjid, musolah atau kediaman warga, tapi bukan di kawasan yang terisolir. Lalu, adanya ajaran yang menjamin pengikutnya masuk surga dengan bayaran tertentu, itu terindikasi menyimpang. Dengan melaporkan aktivitas yang mencurigakan, maka kita bisa melakukan langkah antisipasi dan bisa mencegah terjadinya konflik,” imbuhnya.(koe/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.