Jika Warga Acuh, Aliran Menyimpang Mudah Menyusup

115
aliran
Peserta dialog tentang aliran kepercayaan di aula Hotel Umro | Foto: Dok. PROGRES.ID

PROGRESKEPAHIANG.com – Aliran kepercayaan yang menyimpang, bahkan cenderung radikal akan mudah masuk ke tengah-tengah masyarakat jika masyarakat itu sendiri banyak yang acuh atau cuek dengan lingkungannya.

Ini dikemukakan Ketua Tim Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem)  Kabupaten Kepahiang Zainal Efendi yang juga Kasi Intel Kejari Kepahiang pada acara dialog yang digelar di aula Hotel Umro, Rabu (25/10/2017).

“Kita tak boleh cuek atau acuh tak acuh. Setiap warga harus proaktif menyampaikan sesuatu yang janggal di lingkungannya. Jika sifat cuek itu dipelihara, maka aliran-aliran menyimpang mudah masuk dan berkembang,” kata Zainal.

Meski Kabupaten Kepahiang dinilai kondusif dari perkembangan aliran sesat, imbuh Zainal, namun warga tetap harus waspada.

“Sejauh ini memang di Kepahiang tidak ada pergerakan aliran kepercayaan menyimpang yang terpantau aktifitasnya, namun bukan berarti kita tidak waspada, kita tetap harus bersama-sama proaktif memantau ini,” terangnya.

undangan
Para tamu undangan acara dialog aliran kepercayaan | Foto: PROGRES.ID

Zainal menambahkan, Pakem mengajak semua lapisan masyarakat dapat proaktif menjaga lingkungan dari pergerakan dan potensi aliran sesat dan radikal.

“Pakem ini adalah wadah bagi kita bertukar informasi soal ini, jangan ragu melapor ke Pakem jika menemui kejanggalan yang kita lihat. Pakem ini terdiri dari banyak unsur, seperti Kejari, Kepolisian, TNI, Kesbangpol, MUI dan lainnya. Jadi, jangan ragu melapor ke Pakem,” tandasnya.(koe)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY