Anggrek Eria Kepahiang Diburu Pecinta Anggrek Sumsel Hingga Jawa

0
366
Anggrek Kepahiang
Angggrek Handis Mun di Kelurahan Pensiunan menyediakan banyak jenis anggrek, termasuk anggrek spesies Eria | Foto: Mukhtar A/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Anggrek spesies Eria Kepahiang yang biasanya banyak ditemui di kawasan Kabawetan ternyata menjadi buruan pecinta anggrek asal Sumatera Selatan dan Jawa.

Pembudidaya dan pemilik usaha anggrek Handi’s Mun Orchid di Kelurahan Pensiunan Kecamatan Kepahiang, Husni Mulyanto (38 Tahun) mengatakan, anggrek Eria memiliki banyak spesies, namun spesies Kepahiang cukup diminati pecinta anggrek.

“Eria itu ada banyak jenis lagi, ada Eria javanica dan jenis Eria lainnya. Yang Eria Kepahiang ini biasanya dicari orang dari Pasemah (Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan) untuk dijual ke Palembang atau dibudidayakan sendiri,” jelas pria yang akrab disapa Mun ini.

Ia menjelaskan, tak sedikit anggrek spesies Eria Kepahiang dijual ke Pulau Jawa. “Mayoritas anggrek di sini (Kepahiang) biasanya diambil dari Jawa, tapi untuk spesies tertentu, termasuk yang Eria Kepahiang itu justru dikirim ke Jawa,” jelas Mun.

Ia mengatakan, harga bunga anggrek bisa bervariasi, tergantung jenis, umur, ukuran dan faktor lainnya.

“Kalau di toko saya ini paling murah Rp 75 Ribu, tapi paling mahal bisa jutaan. Tapi, saat ini yang ada paling mahal harganya Rp 800 Ribu, itu jika sudah kategori grande II, yang jutaan itu kita sebut kategori premium,” tandasnya.(pid)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Jatuh Bersepeda

LEAVE A REPLY