Arsitektur Rumah Adat Kepahiang Dibuat Berdasarkan Observasi BMA

Oktober 20, 2017
Featured Seni & Budaya 0   386 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Arsitektur rumah adat Kepahiang yang dibangun di Jalan Aipda Muan Kepahiang dibuat berdasarkan hasil observasi Badan Musyawarah Adat (BMA).

Secara umum, rumah adat Kepahiang ini ada kemiripan dengan rumah adat yang ada di Curup dan Lebong. Khususnya di bagian atap yang sedikit melengkung. Namun, rumah adat Kepahiang memiliki beberapa perbedaan dengan rumah adat Rejang lainnya. Khususnya dibagian belakang,’’ kata Ketua BMA Kabupaten Kepahiang, H. Zainal, Jumat (20/10/2017).

Dikatakan, hasil observasi BMA itu dituangkan dalam miniatur rumah adat. Lalu, miniatur rumah adat itu dipamerkan BMA dalam setiap momen pameran di Kepahiang.

Zainal

H. Zainal, S.Sos, MSi | Foto: Rahman Jasin/PROGRES KEPAHIANG

“Miniatur rumah adat itu sudah kita pamerkan selama 3 tahun. Dalam pameran itu banyak tetua dan tokoh masyarakat yang memberikan saran dan kritiknya.  Makanya, rumah adat yang dibangun sekarang ini merupakan wujud dari miniatur rumah adat yang kita buat. Sedangkan gambar detail konstruksinya dikerjakan Dinas PU,’’ papar Zainal.

Menurut Zainal, rumah adat itu akan dilengkapi meubeler khas Kepahiang. Mulai dari tempat tidur anak perempuan, tempat tidur utama. Peralatan dapur hingga perlengkapan di ruang utama.

“Sehingga rumah adat ini akan menggambarkan kehidupan masyarakat Rejang di Kepahiang tempo dulu,’’ tuturnya. (rjs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.