Bunga Rafflesia Mekar di Kebun Kopi Warga Kelurahan Dusun Kepahiang

619
Raffkesia mekar di kebun kopi
Pengunjung berfoto di dekat Bunga Rafflesia yang baru mekar di kebun kopi warga di Kelurahan Dusun Kepahiang

PROGRESKEPAHIANG.com – Bunga Rafflesia Arnoldi mekar di kebun kopi milik warga di Kelurahan Dusun Kepahiang Anwar Ali (60 Tahun) alias Ujang Karet. Bunga itu mekar tepat pada awal tahun 2017, yakni pada Minggu, 1 Januari.

“Saya tahu di situ (kebun Anwar Ali) tumbuh bunga Rafflesia waktu saya minta keponakan saya nebas rumput di kebun saya itu. Dia ngasih kabar kalau ada bunga Rafflesia mekar kemarin (Minggu, 1/1/2017),” ungkap Anwar Ali, Senin (2/1/2017).

Ia mengaku hal itu baru pertama kali ditemukannya selama ia berkebun.

“Ini baru kali pertama bunga itu mekar di kebun saya, selama ini tak pernah ada. Makanya saya akan jaga bunga itu sampai layu, karena ini kan bunga langka,” jelasnya.

Sementara itu, Ateng (27 Tahun), keponakan Anwar Ali yang menemukan bunga Rafflesia Arnoldi itu mengatakan bunga itu mekar pada lahan agak curam.

“Posisinya itu tumbuh pas tanah yang agak tebing, tidak datar. Bunga itu mekar dengan lima kelopak, saya saja takjup langsung melihatnya,” terang Ateng.

Ia mengatakan akan membuat pagar pembatas agar jika ada orang yang penasaran melihat bunga itu tidak sampai merusaknya.

“Supaya tidak rusak oleh tangan warga, saya akan buat pagar di sekeliling bunga itu, biar aman,” jelasnya.

Informasi tumbuhnya bunga Rafflesia di kebun Anwar Ali itu pun cepat menyebar. Warga sekitar yang penasaran pun berupaya mencapai lokasi tersebut.

“Dapat kabar ada Rafflesia mekar di Dusun Kepahiang, saya langsung cari tahu, rupanya jaraknya tidak jauh, paling hanya 100 meter dari Kantor Lurah Dusun Kepahiang. Cuma, jalannya agak mendaki, jadi cukup lelah juga untuk sampai. Tapi kalau sudah lihat bunganya, capeknya hilang,” tutur salah seorang pengunjung, Yayuk (28 Tahun).(pid)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY