Dari 99 SD Negeri, Hanya 1 Belum Punya Perpustakaan

150
Praptosumo
Prapto Sumo, S.Pd Kabid Dikdas Dinas Dikbud Kepahiang | Foto: Rahman Jasin/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Salah satu indikator standar pelayanan minimal (SPM) bidang pendidikan dasar adalah adanya kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah dasar (SD). Salah satunya adalah fasilitas perpustakaan.

“Saat ini, kita sedang berusaha menyusun SPM bidang Dikdas. Dari hasil pendataan yang kita lakukan, hanya dari 99 sekolah dasar negeri yang ada di Kepahiang hanya 1 sekolah yang belum memiliki perpustakaan. Yakni, SDN 08 Muara Kemumu di wilayah Air Punggur yang masuk wilayah Desa Batu Bandung,’’ jelas Kabid Dikdas Dinas Dikbud Kepahiang, Praptosumo.

Selain itu, lanjut Praptosumo, Dikdas juga terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan dasar, yakni, SD dan SMP di Kepahiang.

“Tahun 2018 nanti kita mengusulkan untuk merehab 25 RKB SD. Sehingga RKB yang belum memenuhi standar minimal mulai dari ukuran luas ruangan belajar hingga konstruksinya masih dinding bidai akan direhap. Ukuran standar RKB itu 7 X 8 meter dengan daya tampung maksimum 28 murid. Total anggaran Dinas Dikbud yang kita usulkan dalam RAPBD 2018 ini senilai Rp 25 miliar,’’ papar Praptosumo.

Diakui Praptosumo, saat ini sudah tidak ada lagi gedung SD Negeri yang berdinding bidai. Terakhir SDN 13 Desa Pagar Gunung yang berdinding bidai. Tapi, tahun 2017 gedung SDN ini sudah dibangun permanen.(rjs)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY