Di Belanda Ada Monumen yang Dibangun Khusus Kenang Tentara yang Tewas Saat Perang di Kepahiang

September 4, 2017
Featured Seni & Budaya 0   63 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Di wilayah Yde, Kota Tynaarlo, Belanda terdapat sebuah monumen khusus yang dibangun untuk memperingati tewasnya tentara Belanda saat pertempuran dengan pejuang Indonesia di Kepahiang pada 4 April 1949.

Melansir tulisan dari situs www.4en5mei.nl, monumen itu bernama Monumen Anne Zoetebier yang diresmikan oleh Komisaris Ratu Drenthe pada 8 April 2004 atas inisiasi oleh Geert Kamp dan kelompoknya untuk mengenang tewasnya seorang tentara wajib militer Belanda bernama Anne Zoetebier dari batalion 4-I-RI yang bertugas di wilayah Sumatera Selatan. Untuk diketahui, Anne Zoetebier lahir di Belanda pada tanggal 3 Juni 1926 dan tewas di Kepahiang pada 4 April 1949 (agresi militer Belanda II).

Pada peresmian monumen itu, Komisaris Ratu juga didampingi Mr. Relus ter Beek, dan kerabat korban yang tewas di Kepahiang dan Mr Anne Zoetebier Junior. Peresmian itu juga dihadiri walikota setempat dan diliput oleh media cetak setempat bernama Dagblad van het Noorden dan diterbitkan pada 9 April 2004.

Monumen Anne Zoetebier di Yde

Salah seorang inisiator pendirian monumen itu, Jack Schaub menjelaskan, peringatan itu perlu dilakukan, sebagai bentuk dukungan terhadap keluarga korban.

“Kuburan mereka bahkan tak ada di Belanda. Jadi, ini merupakan dukungan bagi keluarga dan keturunannya yang telah lama ditinggalkan,” kata Schaub pada orasi di acara peresmian itu yang dikutip dari laman www.4en5mei.nl. (pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.