Gempa di Kepahiang Rusak Rumah dan Retakkan Jalan

683
jalan retak
Gempa yang terjadi di Kepahiang menyebabkan keretakan di badan jalan | Foto: DOK. PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Gempa di Kepahiang yang terjadi pukul 08:53 WIB dengan magitudo 3.3 SR diduga telah merusak bangunan berupa rumah warga, yakni rumah milik  warga Desa Bogor Baru, Kecamatan Kepahiang, Syafriani.

Saat gempa terjadi, Syafriani sedang berada di warung miliknya. Ia mengaku mendengar suara runtuhan material. Setelah kejadian itu, ia memastikan dinding dapur rumah sudah jatuh dan mengalami keretakan. Akibat kerusakan itu, Syafriani mengalai kerugian hingga jutaan Rupiah.

Tak hanya itu, gempa juga telah membuat keretakan pada badan jalan di Jalan Kabawetan dan Kepahiang dan sawah warga. Namun, keretakan badan jalan belum mengganggu arus transportasi.

retak sawah
Dinding rumah warga yang retak dan sebagian runtuh (atas). Warga yang melihat tanah di sawah ikut retak | Foto: Anda/PROGRES KEPAHIANG

Analis Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kabupaten Kepahiang Mahdi menjelaskan, telah terjadi gempa sebanyak 4 kali sebelum gempa pukul 08:53 WIB.

“Sebelum gempa pukul 08:53 WIB ada gempa sekira 4 kali, namun dengan magnitudo yang lebih kecil, sehingga yang terasa hanya gempa bumi terakhir,” terangnya.

Mahdi menjelaskan keretakan jalan dan tanah diakibatkan oleh tekstur tanah di kawasan tersebut, pasalnya pusat gempa bukan berada di rumah korban gempa dan tanah yang retak.(koe)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY