Jika Perbaikan Pipa Terus Molor, Kerugian PDAM Kian Banyak

269
Pipa PDAM disidak DPRD
Komisi III DPRD Kepahiang saat memantau kondisi pipa PDAM yang rusak akibat kecelakaan alat berat PT TSE

PROGRESKEPAHIANG.com – Pejabat Sementara (Pjs) Direktur PDAM Tirta Alami Kepahiang, Karmolis menegaskan bahwa PDAM akan merugi semakin besar jika PT Tropisindo Sumber Energi (TSE) lambat memperbaiki kerusakan pipa di Desa Suka Sari Kecamatan Kabawetan yang rusak akibat tertimpa alat berat.

Berdasarkan perhitungan manajemen PDAM Tirta Alami kerugian PDAM mencapai Rp 83.250.000dalam satu bulan jika tak dapat menyuplai sir bersih ke 3.712 pelanggan.

“Jika dihitung rata-rata saja setiap pelanggan membayar Rp 22.500 dikali jumlah pelanggan 3.700 maka kami rugi Rp 83.250.000. Kalau dua bulan belum juga diperbaiki PDAM bisa rugi sampai Rp 166.500.000. Itu belum dihitung yang lainnya, BBM mobil tangki misalnya,” ungkap Karmolis.

Direktur PDAM Tirta Alami Karmolis
Karmolis, ST | Foto: Istimewa/PROGRES KEPAHIANG

Manajemen PDAM, lanjut Karmolis, mendesak agar PT TSE bisa segera merampungkan perbaikan pipa.

“Armada kita tidak akan mampu menyuplai air bersih di sejumlah desa yang kena dampak kerusakan pipa ini. Hanya dua unit milik PDAM dan BPBD harus bergantian, sementara yang butuh air bersih itu ribuan pelanggan,” terangnya.

Karmolis menyebutkan, pemakaian pelanggan di Kecamatan Tebat Karai dalam satu hari mencapai 925 kubik per hari.

“Kalau pakai tangki kapasitas 6 kubik artinya kita harus minta mobil tangki bolak balik mengantar 154 tangki tiap hari. Mana mungkin mampu? Untuk itu kami mendesak PT TSE segera melakukan perbaikan itu segera,” tandasnya.(pid)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY