Lema, Masakan Khas Rejang yang Ternyata Mulai Populer di Jepang

1788
lemah Rejang
Masakan khas Rejang, lemeah | Foto: Carabuatresep.blogspot.com

PROGRESKEPAHIANG.com – Masakan khas Suku Rejang di Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong dan Bengkulu Utara, lema atau lemeah ternyata mulai populer di negara Sakura, Jepang.

Seperti ditulis situs Beritagar.ID berjudul ‘Lema, sajian Bengkulu yang populer di Jepang‘, disebutkan bahwa lema jauh lebih populer sebagai makanan internasional di Jepang ketimbang di Indonesia. Lidah orang Jepang dinilai jauh lebih cocok dengan cita rasa lema yang unik dan sedikit keasaman. Meski penduduk Jepang sebenarnya banyak yang tidak tahu asal muasal makanan tersebut.

Lema, masih berdasarkan situs tersebut, rutin diekspor ke Jepang dengan cara dikemas secara modern berbentuk kalengan mirip kemasan kaleng kornet atau sarden.

Untuk diketahui, komposisi  bahan dalam lema memiliki gizi tinggi. Bahan utama lema adalah rebung yang mengandung banyak protein, karbohidrat, asam amino, dan antioksidan jenis fitosterol, penangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

lemeah
Sumber: Kecekambo.Blogspot.com

Rebung juga tinggi serat sehingga dapat melancarkan pencernaan sekaligus mengurangi risiko penyakit kanker serta rendah lemak dan gula.

Di Tiongkok, rebung dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Begitu pula dengan ikan yang tinggi protein dan baik untuk otak.

Hingga saat ini lema termasuk makan favorit sekaligus pengganti kebiasaan orang Jepang makan ikan mentah. Terlebih lagi, ikan mentah yang hanya diberi bumbu itu terbukti menjadi penyebab penyakit minamata, penyakit kelainan saraf akibat keracunan merkuri.(pid)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY