Minat Baca Rendah, Ruang Baca di Perpustakaan Daerah Bocor

100
Yuni
Yuni Hartati | Foto: Rahman J/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepahiang, Yuni Yartati mengungkapkan, minat baca masyarakat Kepahiang masih terbilang rendah.

Salah satu indikatornya, menurut Yuni, adalah jumlah anggota Perpustakaan Daerah yang tercatat baru sekitar 2000-an anggota.

“Minat baca masih rendah, salah satu indikatornya, jumlah anggota perpustakaan yang baru kurang lebih 2.000-an orang, yang aktif tentu lebi sedikit lagi,” ungkap Yuni, Rabu (27/9/2017).

Selain itu, rendahnya minat baca juga tak dimotivasi oleh infrastruktur yang ada.

“Infrastruktur Perpusda juga tak memadai, atau bisa dikatakan tidak membuat orang tertarik untuk berlama-lama membaca di ruang Perpusda. Misalnya, kondisi gedung yang bocor. Meja baca yang masih kurang,” ujar Yuni.

Ia menambahkan, pejabat Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah bahkan belum dibekali kendaraan dinas. Hal ini juga menghambat sosialisasi kepada masyarakat tentang keberadaan perpustakaan dan terkait minat baca.

“Kendaraan dinas untuk pejabat di Perpusda juga belum ada. Sehingga kita kesulitan untuk melakukan sosialisasi hingga ke wilayah perdesaan. Padahal, keberadaan Perpusda ini sangat strategis untuk meningkatkan kwalitas SDM, bisa jadi banyak warga Kepahiang yang belum tahu kalau kita punya Perpusda. Ini yang jadi tantangan kami juga untuk mengatasi ini,’’ ujar Yuni Hartati.(rjs)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY