Pacu Peningkatan Pendapatan Daerah, Ini Langkah Bupati

204
Hidayatullah Sjahid
Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid MM | Foto: Rahman J/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Bupati Kepahiang, Hidayattullah Sjahid terus berupaya memacu peningkatan pendapatan daerah. Langkah yang dilakukan berupa intensifikasi pendapatan daerah melalui upaya berupa meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelayanan dan prosedur keuangan. Serta, melakukan eksistensifikasi pendapatan daerah melalui pajak daerah, retribusi dan pendapatan daerah lainnya yang sah. Ini disampaikan bupati saat menjawab pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kepahiang atas nota pengantar RAPBD-P 2017 dalam rapat peripurna DPRD, Sabtu, (23/9/2017).

Rapat dipimpin Ketua DPRD, Badarudin. Serta dihadiri Wabup, Neti Herawati, Sekda Zamzami Zubir, serta pejabat eselon II dan III jajaran Pemkab Kepahiang.

Selain itu, Hidayat juga menjelaskan pemanfaatan dana hibah pusat berupa dana rehab dan rekon pasca bencana alam yang disampaikan Fraksi PKPI.

“Dana hibah pusat akan direalisasikan sesuai PP No.22 Tahun 2008 tentang pendanaan dan pengelolaan bantua bencana serta PMK No.162/PMK.07/2015 tentang hibah pemerintah pusat. Dana hibah itu digunakan sesuai proposal yang kita sampaikan. Khususnya untu merehab rekon lokasi bencana yang belum tersentuh. Selain itu, kita sudah sudah mengusulkan bantuan keuangan provinsi senilai Rp 53 miliar yang telah masuk dalam PPASS APBD-P 2017. Usulan bantuan hibah 2018 juga sudah kita sampaikan,” jelas Hidayat.

Bupati juga menyampaikan penerimaan bagi hasil pajak air permukaan dari Pemprov Bengkulu tahun 2014 senilai 1,2 miliar dan tahun 2015 senilai Rp 1,4 miliar. ‘’Jadi setiap tahunnya ada peningkatan penerimaan bagi hasil pajak air permukaan ini,’’ kata Hidayat.

Atas pandangan umum Fraksi Golkar, Bupati menjelaskan bahwa 40 persen dari dana hibah provinsi digunakan untuk pengadaan alat-alat dan mesin. Serta belanja barang bergerak lainnya.Tujuannya untuk mendukung operasional TPA dan pendukung program pembangunan lain sebagaimana tercantum dalam RAPBD-P 2017.

“Khusus perubahan kebijakan umum sektor agri bisnis, penyusunan rencana induk pariwisata dan i pertanian dan sektor perikanan juga sudah kita siapkan langkah-langkahnya. Seperti, berupaya meningkatkan sektor agri bisnis dan agro industri dari hulu hingga hilir sebagaimana tercantum dalam RPJMD. Rencana induk pariwisata telah dimasukkan dalam RAPBD-P 2017. Upaya yang dilakukan salah satunya adalah menambah anggaran pengadaan benih ikan.serta memacu peran masyarakat dalam budaya daya ikan dalam mewujudkan swasembada ikan,’’ tutur Hidayattullah.

Dalam sidang paripurna itu juga, Bupati menanggapi pandangan umum fraksi-fraksi lain. Seperti, Fraksi Nasdem, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Kebangkitan Pembangunan Demokrasi.(RJS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY