Realisasi Akta Kelahiran Belum Capai 85 Persen, Penerbitan KIA Tertunda

216
Ilustrasi KIA
Ilustrasi : Kompasiana

PROGRESKEPAHIANG.comDirektorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berharap setiap daerah mampu memenuhi target realisasi penerbitan Akta Kelahiran minimal 85 Persen. Jika angka itu terpenuhi, maka daerah tersebut sudah bisa menerapkan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kepahiang Nyanyu Elia Hasanah realisasi penerbitan akta kelahiran di Kabupaten Kepahiang baru mencapai 61 Persen terhitung hingga 28 Februari 2017.

“Untuk bisa menerbitkan KIA, Ditjen Dukcapil Kemendagri mengharapkan target minimal penerbitan akta kelahiran minimal 85 Persen, syukur-syukur bisa 100 Persen. Sementara kita (Kepahiang) per 28 Februari 2017 baru 61 Persen,” terang Nyayu usai pengukuhan pejabat pengawas dan administrator Disdukcapil, Kamis (13/4/2017).

Pengukuhan pejabat Disdukcapil
Pejabat pengawas dan administrator Dinas Dukcapil Kepahiang yang dikukuhkan oleh Wabup Kepahiang Netti Herawati, Kamis (13/4/2017) | Foto: Istimewa/PROGRES KEPAHIANG

Menurut perempuan yang akrab disapa Ana ini, Disdukcapil Kepahiang harus proaktif ‘menjemput bola’.

“Untuk bisa mencapai target, kita harus jemput bola. Itu sudah kita lakukan di Kecamatan Seberang Musi dan Bermani Ilir, berikutnya kecamatan lainnya menyusul,” imbuh Ana.

Ia menambahkan, perombakan struktur pejabat di Disdukcapil merupakan salah satu cara untuk pencapaian target nasional. Ada 16 pejabat yang dikukuhkan dan 4 orang difungsionalkan ke Sekretariat Daerah Pemkab Kepahiang.

“Ini (perombakan pejabat Disdukcapil) juga merupakan bagian untuk pencapaian target nasional,” tandas Ana.(pid)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY