Sudah 7 Objek Cagar Budaya Kepahiang Terverifikasi Sisregnas Kemdikbud, Apa Saja?

276
Cagar budaya
cagar budaya rumah Pangeran Rekadi yang terletak di Desa Keban Agung Kec. Bermani Ilir | Foto: Watini/PROGRES.ID

PROGRESKEPAHIANG.com – Sistem Registrasi Nasional (Sisregnas) Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah melakukan verifikasi terhadap 7 objek cagar budaya di Kabupaten Kepahiang.

Pada situs resmi Sisregnas Cagar Budaya Kemdikbud tertera 6 objek baru terverifikasi pada 13 Juli 2017. Sementara satu objek lagi, yakni Pabrik Teh Kabawetan sudah terverifikasi pada akhir 21 Oktober 2016 lalu.

Baca:

Enam objek baru yang sudah diverifikasi Kemdikbud itu adalah Rumah Pangeran Rekadi. (Baca: Disdikbud Temukan Fakta, Rumah Cagar Budaya di Keban Agung Bukanlah Rumah Pangeran Rekadi), penjara milik Koramil dan empat benda berupa kapak beliung yang ditemukan di tambang milik Arbi (Mantan anggota DPRD Kepahiang) di Desa Tebat Monok, Kecamatan Kepahiang.

Sisregnas
6 objek bangunan dan benda asal Kepahiang yang terindikasi cagar budaya sudah teregistrasi di situs Sisreknas Kemdikbud

Berdasarkan keterangan pada situs tersebut, tim ahli cagar budaya Kemdikbud masih harus melakukan validasi ke lokasi objek yang diduga terindikasi cagar budaya.

Menurut Kepala Seksi Cagar Budaya Dinas Dikbud Kepahiang, Firmansyah, objek yang terindikasi cagar budaya akan didaftarkan ke Balai Cagar Budaya Jambi.

“Kita hanya sampai mendaftarkannya ke Balai Cagar Budaya Jambi, untuk ke Sisregnas biasanya dari pihak Jambi, tapi bisa kita dorong,” ungkap Firmansyah beberapa waktu lalu kepada Progres Kepahiang.(pid)

UPDATE

Saat tim Progres Kepahiang melakukan pengecekan pada 31 Juli 2017, sudah 18 objek yang terindikasi cagar budaya telah lolos verifikasi di Siregnas Cagar Budaya Kemdikbud. Lebih lengkap klik tautan resmi situs Siregnas https://goo.gl/aHB2En.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

LEAVE A REPLY