Wabup: Ini Mutiara Kepahiang Harus Dikembangkan dan Jadi Unggulan

0
493
Jambu kristal
Foto bersama Wabup Netti Herawati di tengah kebun jambu kristal | Foto: Progres.id

PROGRESKEPAHIANG.com – Pengembangan jambu kristal di Kabupaten Kepahiang dirasa memiliki prospek yang sangat potensial, terutama guna mendukung program agrowisata menuju Wonderfull Kepahiang.

Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh petani di Desa Sukamerindu, Kecamatan Kepahiang. Telebih lagi,  telah terbukti hanya jambu kristal asal Kepahiang yang kerap memenuhi kebutuhan pasar buah hingga di Provinsi Bengkulu.

Wabup Netti Herawati, S.Sos dalam sesi wawancara dengan kru TVRI. Tampa ia tengah menjelaskan prospek budidaya jambu kristal | Foto: Dok. PROGRES KEPAHIANG

“Saya sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh petani kita Ibu Neri yang selama 2 tahun telah mengembangkan jambu Kristal di Kepahiang. Jambu Kristal ini adalah mutiara kita yang kita miliki hal ini tidak menutup kemungkinan untuk kita kembangkan ke petani lain. Ini prospeknya sangat bagus,  nanti kedepan kita akan sosialisasikan ke petani-petani yang lain. Jambu ini juga memiliki khas tertentu ia terasa lembut dan bijinya sangat sedikit serta sangat kaya nutrisi khusunya untuk ibu hamil, harganya pun cukup terjangkau dimasyarakat. Dan saya rasa baru di Kepahiang inilah ada pengembangan Jambu Kristal sehingga bisa dijadikan salah satu potensi unggulan guna mendukung upaya Wonderfull Kepahiang kedepannya,” terang Netti saat diwawancara oleh kru TVRI yang tertarik dengan potensi agrowisata yang ada di daerah Kepahiang, Sabtu (4/3/2017).

Saat ini Neri yang juga Kabid Promosi Wisata Disparpora Kepahiang tersebut tengah menyiapkan bibit jambu kristal yang diperbanyak melalui proses pencangkokan.

Pembudidaya jambu kristal Neri Maridah N tengah menjelaskan teknik penanaman hingga panen | Foto: Progres Kepahiang

“Meski baru permulaan namun saat ini kami tengah melakukan proses pembibitan melalui pencangkokan, tentunya akan cepat berbuah dan sifatnya akan sama dengan induknya. Jadi masyarakat Kepahiang nantinya dapat memperoleh bibit dari sini tak usah jauh-jauh pesan keluar daerah,” katanya.(pro)

Pengunjung tengah menikmati manisnya jambu kristal bersama wabup | Progres.id
Wabup Netti Herawati tengah berbincang dengan pemilik kebun | Foto: Progres.id
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Jatuh Bersepeda

LEAVE A REPLY