Baru 1 Cagar Budaya Kepahiang Terdaftar di Siregnas Kemdikbud, Disdikbud: Segera Kita Daftarkan Semuanya

356
Kasi Cagar Budaya Dikbud Emong Soewandi
Firmansyah, S.Pd yang akrab dengan nama lain, Emong Soewandi

PROGRESKEPAHIANG.com – Sistem registrasi nasional (Siregnas) Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbus) baru mencatat 1 cagar budaya asal Kabupaten Kepahiang, yakni Pabrik Teh Kabawetan milik PT Kabepe Cakra Bandung yang dikelola PT Sarana Mandiri Mukti.

Cagar budaya ini baru didaftarkan ke Siregnas pada 21 Oktober 2016 dan saat ini masih dalam proses verifikasi dan kajian untuk menentukan apakah objek tersebut termasuk cagar budaya atau bukan.

Kepala Seksi Cagar Budaya, Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepahiang, Emong Soewandi mengatakan, Seksi Cagar Budaya telah memetakan, menginventarisir dan mencatat objek cagar budaya yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Pabrik teh kabawetan
Pabrik Teh Kabawetan masih dalam proses verifikasi dan kajian oleh Kemdikbud | Captured: PROGRES KEPAHIANG

“Memang baru 1 objek yang terdaftar. Kami pun sudah mulai memetakan dan mencatat objek yang kami nilai laik dijadikan cagar budaya. Kami pun akan segera mendaftarkan cagar budaya yang ada ke Siregnas,” ungkap Emong saat ditemui PROGRES KEPAHIANG di ruang kerjanya, Rabu (22/2/2017).

Menurutnya, Seksi Cagar Budaya sudah melakukan pemotretan sejumlah objek di beberapa lokasi di Kabupaten Kepahiang.

“Kami sudah melakukan pemotretan objek cagar budaya di Batu Belarik, Batu Bandung dan objek lain beberapa titik, dan masih berlangsung,” terangnya.(pid)

Berikut daftar cagar budaya yang telah didata oleh Dinas Dikbud Kepahiang

Daftar Cagar Budaya Kepahiang

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY