Puluhan Objek Cagar Budaya Kepahiang Belum Didukung Payung Hukum

0
274
Kasi Cagar Budaya Dikbud Emong Soewandi
Firmansyah, S.Pd yang akrab dengan nama lain, Emong Soewandi

PROGRESKEPAHIANG.com – Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang menyebut ada puluhan objek yang terindikasi sebagai cagar budaya belum didukung oleh Peraturan Daerah (Perda) atau payung hukum yang jelas. Ini diungkapkan Kepala Seksi Cagar Budaya Bidang Kebuayaan Disdikbud Kepahiang, Emong Soewandi kepada PROGRES KEPAHIANG, Rabu (22/2/2017).

“Belum ada Perda yang mengatur secara jelas tentang cagar budaya. Kita (Pemkab Kepahiang) baru punya satu produk hukum tentang kebudayaan, yaitu Perda Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pemberlakuan dan Penerapan Hukum adat Rejang Kepahiang,” kata Emong.

Perda yang merevisi Perda Nomor 3 Tahun 2008 dan Perda Nomor 6 Tahun 2009 itu, lanjutnya, belum dapat direalisasikan dengan optimal.

“Lagi pula Perda itu belum bisa diterapkan, karena pada Pasal 2 disebutkan harus ada pedoman kompilasi. Nah, kompilasi itu belum ada,” terangnya.

Rumah cagar budaya batu bandung
Rumah Batu Batu Bandung yang dibangun pada tahun 1929 milik Bapak Ismail ini teregistrasi sebagai Cagar Budaya Disdikbud Kepahiang dengan nomor BKL/KPY-02/2016 | Foto: Dok. Bidang Kebudayaan Disdikbud Kepahiang

Emong menerangkan, Bidang Kebudayaan Disdikbud sedang menyusun draf Perda yang mengatur tentang kebudayaan Kepahiang termasuk cagar budaya yang ada untuk di-perda-kan oleh DPRD melalui kajian Bagian Hukum Setda Kepahiang.

“Kita sedang susun drafnya, dan akan kita konsultasikan ke Bagian Hukum sebelum diajukan ke DPRD untuk di-perda-kan,” sampainya.

Bidang Kebudayaan Disdikbud saat ini setidaknya sudah mendata 18 objek yang terindikasi sebagai cagar budaya. Emong memperkirakan ada lebih banyak objek yang bisa diusulkan menjadi cagar budaya ke Kemdikbud.

“Ada banyak dan kami sudah dan masih melakukan inventarisir dan pemotretan objek cagar budaya yang ada,” ujarnya.(pid)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Jatuh Bersepeda

LEAVE A REPLY