Sudah Viral Jadi Latar Berfoto, Rumah Adat Belum Kunjung Serah Terima

Februari 21, 2018
Featured Seni & Budaya 0   607 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Rumah adat Kabupaten Kepahiang di Jalan Aipda Mu’an atau berada di seberang Kantor DPRD Kepahiang ternyata belum kunjung diserahterimakan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Akibatnya, bangunan bernilai Rp 1,97 Miliar yang dikerjakan pada tahun 2017 tersebut kini dibiarkan tanpa perawatan. Bahkan, rumput di halaman rumah adat ini sudah meninggi. Landmark bertuliskan “Rumah Adat Kabupaten Kepahiang” pun sudah mengelupas.

Meski demikian, rumah adat ini tetap menjadi lokasi favorit warga sebagai lokasi swafoto atau foto bersama. Hampir setiap hari rumah ini didatangi warga hanya untuk menjadikan rumah ada ini sebagai latar belakang foto mereka.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud, Edy Subagya mengatakan Disdikbud belum memiliki wewenang memanfaatkan rumah adat tersebut lantaran belum ada serah terima.

“Belum bisa diapa-apakan, karena belum diserahterimakan ke kita (Dinas Dikbud). Tapi kemungkinan besar dalam minggu ini kita akan koordinasi dengan Dinas PU. Kalau dibiarkan berlarut-larut tidak terawat, kita khawatir nanti rusak,” kata Edy, Selasa (20/02/2018).

Rumput di halaman rumah adat Kabupaten Kepahiang yang sudah meninggi | Foto: Koko/PROGRES KEPAHIANG

Jika telah diserahkan ke Dinas Dikbud, lanjut Edy, Bidang Kebudayaan akan memanfaatkannya sebagai pusat pembinaan kesenian Kabupaten Kepahiang.

“Rencananya akan kita jadikan pusat kesenian, mulai tari-tarian, seni lukis, seni musik tradisional, seni musik modern dan lain-lain. Kita juga akan manfaatkan sebagai museum adat, akan kita isi dengan pakaian adat dan sejumlah peralatan lain yang menunjukkan adat Kepahiang,” terang Edy.(koe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.