Lahan Masih Dikuasai Pribadi, Ini Cara BUMDes Kelola Wisata Danau Suro

Maret 2, 2018
Birokrasi Wisata 0   47 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Suro Ilir Kecamatan Ujan Mas saat ini resmi menjadi pengelola wisata Dana Suro.

Kades Suro Ilir, Heriyanto mengungkapkan BUMDes Suro Ilir setidaknya sudah 8 bulan mengelola wisata tersebut. Ini setelah Pemerintah Desa (Pemdes) Suro Ilir dan manajemen BUMDes melakukan negosiasi dengan pemilik lahan, Sapuan.

“Lahan ini kan punya Pak Bando, tapi atas nama dan dikelola Sapuan. Terus karena kami pihak desa mau mengelola Danau Suro ini, kami bernegosiasi dengan Pak Sapuan, akhirnya ada kesepakatan dan kita buat kontrak,” ujar Heriyanto kepada Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kepahiang saat melakukan peninjauan ke Danau Suro, Jumat lalu.

Heriyanto menjelaskan, biaya kontrak dengan pemilik lahan adalah sebesar Rp 25 Juta dalam satu tahun.

“Kami buat kontrak dengan Sapuan untuk mengelola ini sebesar Rp 25 Juta setahun. Kami yakin bisa mendapat untung karena danau ini potensial digarap jadi pariwisata,” imbuhnya.

Ia mengaku, Pemdes Suro Ilir pernah berniat membangun fasilitas pariwisata seperti Musala dan WC umum, namun karena lahan itu milik perseorangan atau pribadi, sehingga ia mengurungkan niat tersebut.

“Pernah dulu kami niat membangun musalah dan wc di lokasi danau ini, tapi karena status lahan ini bukan punya pemerintah, makanya kami urungkan. Jadi ya itu tadi, kami harus kontrak dulu,” tandasnya.

Heriyanto menambahkan, terealisasinya BUMDes Suro Ilir mengelola Danau Suro berkat usul warganya.

“Usulan warga memang Danau Suro itu supaya dikelola BUMDes, akhirnya terwujud,” sampainya.

Untuk diketahui, anggota Pansus II DPRD Kepahiang yang meninjau lokasi itu yakni Nurahman Putra, Hariyanto, Juarsah, Hamdan Sanusi, Meri Hartati, Rica Denis dan Riswanto. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepahiang juga ikut pada peninjauan tersebut.(pid)

 



Promosi BKD kepahiang
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.