Akan Latih Roasting Kopi, Disperinaker Siapkan 20 IKM

Agustus 4, 2019
Agribisnis Ekonomi 0   337 views 0

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meracik kopi dalam sebuah acara di Kabawetan belum lama ini (Foto: Dok. Media Center/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kepahiang menyiapkan 20 pelaku industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Kepahiang untuk mendapat pelatihan menyangrai (roasting) kopi.

Kepala Disperinaker Kabupaten Kepahiang Yurnalis menerangkan, pelatihan itu rencananya akan digelar pada bulan Agustus 2019 ini. Ia juga mengatakan, pelatihan ini didanai oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

“Kita akan latih sekitar 20 IKM untuk meroasting kopi dalam bulan Agustus ini kalau tak ada halangan. Kegiatan ini didanai oleh Kemenperin yang tujuannya meningkatkan kualitas produk, terutama cita rasanya. Karena menurut para pakar kopi, roasting merupakan proses penting penentu karakter rasa kopi,” kata Yurnalis belum lama ini.

Yurnalis menuturkan, pada pelatihan roasting kopi ini, Kemenperin akan menghadirkan pemateri dari Pusat Penelitian (Puslit) Kopi, Jember, Jawa Timur.

“Dalam acara ini nanti, kita (Disperinaker) hanya memasilitasi saja, nanti pematerinya dari Puslit Kopi Jawa Timur,” tuturnya.

Ia berujar, kegiatan tentang perindustrian kopi tak hanya sebatas itu. Sebelumnya ada dua IKM dari Kabupaten Kepahiang yang dikirim mengikuti pelatihan serupa ke Jember, Jawa Timur.

“Kemarin kita sudah mengirim 2 IKM dari Kepahiang, yaitu IKM Kopi Rejang dan Gunadi,” tandasnya.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.