PT PPA dan IPB Kembangkan Potensi Kopi dan Sapi Perah di Kabawetan

November 27, 2017
Agribisnis 0   72 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) akan mengembangkan potensi kopi dan sapi perah di Desa Suka Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang.

Untuk merealisasikan program yang dinamai Program Pengembangan Klaster Berbasis Kopi dan Sapi Perah itu, PT PPA menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB). Rencananya program ini akan melibatkan 200 petani kopi dan peternak sapi perah di Desa Suka Sari.

“Dalam Program Pengembangan Klaster Berbasis Kopi dan Sapi Perah ini, PT PPA juga bekerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) sebagai penyumbang mesin pengolah kopi,” ujar Corporate Secretary PT PPA Edi Winanto, Sabtu (25/11/2017).

Ia menjelaskan, program tersebut bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan ekonomi lokal berbasis potensi kopi dan sapi perah. Para petani juga akan dibekali pelatihan, pendampingan dan pemberian alat produksi kopi dan susu sapi selama tiga tahun dengan total nilai Rp 1 Miliar.

Dengan adanya sinergi antara peternak sapi perah dan petani kopi, maka akan diprogramkan juga pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk organik bagi tanaman kopi. Selanjutnya, PT PPA bersama IPB akan mengembangkan program sertifikasi biji kopi organik tersebut.

Program pengembangan klaster berbasis kopi dan sapi perah ini sebelumnya telah diresmikan pada Kamis (23/11/2017). Pada peresmian program tersbeut, PT PPA bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga memberikan bantuan untuk pembangunan Masjid Jamik di Desa Suka Sari senilai Rp 150 Juta.

Sumber: Metrotvnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.