Bernilai Ekonomis, Budidaya Jambu Kristal Menjanjikan

Oktober 1, 2016
Agribisnis Perkebunan 0   914 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Jambu kristal merupakan salah satu jenis jambu yang mulai populer di Indonesia. Jambu yang memiliki banyak kandungan vitamin E ini pun mulai Banyak di budidayakan, meski masih terbatas.

Salah seorang pembudidaya jambu kristal di Kepahiang, Ujang Irmansyah menjelaskan bahwa jambu ini memiliki nilai ekonomis dan menjanjikan sebagai alternatif agribisnis.

Menurutnya, jambu kristal laku dijual seharga Rp 15 Ribu-Rp 20 Ribu Per Kilogram bahkan bisa lebih tinggi.

“Di Kepahiang biasanya dijual kisaran Rp 15 Ribu hingga Rp 20 Ribuan per Kilogram, kalau untuk luar kota bisa sampai Rp 25 Ribu,” ungkap Ujang kepada Progres Kepahiang, Sabtu (1/10/2016).

Jambu kristal, lanjutnya, dapat berbuah sepanjang tahun. Jambu jenis ini bahkan sudah mampu berbuah sejak berumur 8 bulanan.

“Delapan bulan sudah belajar buah, perawatannya juga tak ribet, tak perlu diperlakukan khusus,” terangnya.

Meski demikian, jambu kristal juga dapat diserang hama, seperti lalat buah. Biasanya, hama ini dapat diatasi dengan cara membungkus buah dengan plastik atau menggunakan yellow trap.

“Jambu ini bukan tumbuhan bebas hama, tapi hama jambu kristal tak menjadi kendala berarti. Jambu ini juga tak punya musim, jadi bisa berbuah sepanjang tahun,” terangnya.

Diterangkan Ujang, ia telah membudidayakan jambu kristal ini kurang lebih sejak dua tahun terakhir.

“Untuk pemasarannya masih terbatas, hanya untuk memenuhi pesanan saja, tapi peminat cukup banyak, tinggal lagi kita siap atau tidak memenuhi permintaan pedagang buah,” ujarnya.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.