Pendaftaran PPK Resmi Dibuka, Baca Persyaratannya di Sini

Progres Kepahiang
tahapan rekrutment anggota ppk

KEPAHIANG, PROGRES.ID – KPU Kabupaten Kepahiang resmi membuka pendaftaran bakal calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu Serentak 2024. Masyarakat sudah bisa mengajukan berkas pendaftaran diri melalui aplikasi SIAKBA (https://siakba.kpu.go.id) dan menyerahkan berkas fisik ke Sekretariat KPU Kepahiang mulai Minggu (20/11/2022) hingga 29 November 2022.

Adapun persyaratan untuk mendaftar menjadi anggota PPK dapat dilihat pada pengumuman ini:

logo KPU

KOMISI PEMILIHAN UMUM
KABUPATEN KEPAHIANG

PENGUMUMAN

NOMOR: 1/PP.04.1-Pu/1708/2022

TENTANG

SELEKSI CALON ANGGOTA PANITIA PEMILIHAN KECAMATAN

UNTUK PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024

Dalam rangka pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepahiang mengundang Warga Negara Indonesia yang memenuhi kualifikasi untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Warga negara Indonesia;
  2. berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun
  3. setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tungga Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
  4. mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil;
  5. tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan;
  6. berdomisili dalam wilayah kerja PPK;
  7. mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika;
  8. berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat; dan
  9. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memeroleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Kelengkapan Dokumen Persyaratan:

  1. Surat pendaftaran sebagai calon anggota PPK, yang formatnya menggunakan format yang sebagaimana tercantum dalam Lampiran (template) dapat didownload pada Aplikasi SIAKBA;
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik;
  3. Fotokopi ijazah sekolah menengah atas/sederajat atau ijazah terakhir;
  4. Surat pernyataan dalam satu dokumen, (template surat pernyataan) dapat didownload pada Aplikasi SIAKBA yang menyatakan :
    1. setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
    2. tidak menjadi anggota Partai Politik;
    3. bebas dari penyalahgunaan narkotika;
    4. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memeroleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih;
    5. tidak pernah dijatuhi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU Kabupaten/Kota atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu;
    6. tidak menjadi tim kampanye atau tim pemenangan atau saksi peserta Pemilu atau Pemilihan pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan paling singkat dalam 5 (lima) tahun terakhir;
    7. tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu;
    8. tidak memiliki penyakit penyerta (komorbiditas);
    9. mempunyai kemampuan dan kecakapan dalam membaca, menulis dan berhitung; dan
    10. mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi.
  5. Surat keterangan dari partai politik yang bersangkutan bagi calon yang paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota Partai Politik;
  6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani untuk persyaratan huruf g yang dikeluarkan oleh puskesmas, rumah sakit, atau klinik yang termasuk di- dalamnya terdapat pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol;
  7. Daftar Riwayat Hidup; dan
  8. Pas Foto berwarna 4×6 cm.

Surat Pendaftaran dan Kelengkapan dokumen dapat disampaikan kepada KPU Kabupaten Kepahiang sejak tanggal 20 November 2022 sampai dengan tanggal 29 November 2022 Pukul 16.00 WIB melalui:

a.   Pengiriman dokumen persyaratan mandiri melalui siakba.kpu.go.id dan dokumen fisik yang disampaikan pada saat sebelum pelaksanaan tes tertulis; atau

b.   Pengiriman dokumen persyaratan secara langsung ke Sekretariat KPU Kabupaten Kepahiang

Alamat   : Komplek Perkantoran Pemkab Kepahiang

Kontak : 0732-3341049

Demikian pengumuman ini disampaikan, untuk diketahui.

 

                                                                                                Kepahiang, 20 November 2022

Ketua Komisi Pemilihan Umum
Kabupaten Kepahiang,

Mirzan Pranoto Hidayat

sukseskan anbk smp



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.