4 Proyek Dana Hibah BNPB Berpotensi Molor dari NPH, Dewan Akan Tinjau Lokasi

Agustus 30, 2021
Berita Utama Birokrasi 0   162 views 0
rdp dewan dengan bpbd

Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPRD dengan BPBD Kabupaten Kepahiang (Foto: Humas DPRD)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Komisi III DPRD Kabupaten Kepahiang memastikan akan meninjau 4 lokasi paket kegiatan infrastruktur yang didanai hibah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Empat paket kegiatan itu diperkirakan akan molor pengerjaannya melampai waktu yang ditetapkan dalam Nota Perjanjian Hibah (NPH).

Usai menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau hearing dengan BPBD Kepahiang pada Senin (30/08/2021), Wakil Ketua 1 DPRD yang juga koordinator Komisi III DPRD Kabupaten Kepahiang Andrian Defandra memastikan akan melihat langsung progres pengerjaan proyek tersebut.

“Alhamdulillah tadi kami Komisi III DPRD sudah melakukan hearing bersama BPBD. Rencananya besok kami akan melakukan monitoring progres dari proyek bantuan dana hibah yang didapat BPBD tahun 2020 lalu dan dikerjakan tahun 2021 ini,” jelas Andrian.

Pria yang akrab disapa Aan ini menuturkan, dana hibah BPBD tersebut senilai Rp 22 Miliar yang sedang dibangunkan pelapis tebing dan jembatan pada beberapa titik wilayah dalam Kabupaten Kepahiang.

“Tadi disampaikan Kepala Pelaksana BPBD bahwa ada 4 paket kegiatan yang tidak dapat selesai tepat waktu, sehingga BPBD akan melakukan pengajuan perpanjangan Naskah Perjanjian Hibah (NPH) kepada BNPB dan insyaa Allah kita akan lakukan monitoring lapangan pada 4 kegiatan dimaksud,” tutur Aan.

Monitoring tersebut, lanjut Aan, untuk mengetahui hambatan dan perkiraan waktu dari pelaksanaan kegiatan agar dapat selesai.

“Tadi dijelaskan hambatannya berupa lamanya proses lelang imbas PPKM dari Pemerintah Pusat dan juga curah hujan yang tidak menentu. Kami berharap tahun depan BPBD dapat meningkatkan komunikasi kepada BNPB agar penanggulangan bencana di Kepahiang dapat maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kepahiang Taufik mengaku akan menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk perpanjangan NPH.

“Kami berterimakasih DPRD yang sudah mengingatkan. Kami akan menindaklanjuti ini dengan berkoordinasi dengan BNPB,” kata Taufik.(red/rls)

Jaga Cagar Budaya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.