Agar Tak Bergantung Transfer Pusat, Kepahiang Targetkan Peningkatan PAD 8 Persen

Agustus 11, 2021
Birokrasi 0   345 views 0
Pengesahan raperda

Serah terima berita acara pengesahan Raperda (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Dalam Perda Rencana Pembangunan jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang menargetkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga 8 Persen.

Menurut Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid pada sidang paripurna DPRD beberapa waktu lalu, PAD harus terus diupayakan meningkat setiap tahun. Ini agar Kepahiang tak selalu bergantung pada transfer pusat untuk pembangunan daerah. Selain itu, visi dan misi Bupati Hidayat-Nata juga menargetkan Kepahiang dapat mandiri.

“Tingkat pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah atau PAD sebesar 8 Persen. Hal ini merupakan upaya bagi kita (Pemkab Kepahiang) untuk meminimalisir ketergantungan transfer keuangan dari Pemerintah Pusat,” terang Hidayat.

Selain itu, Bupati Hidayat juga menyampaikan tolok ukur pencapaian visi dan misi lainnya, yakni peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 71,57.

“Hal ini untuk memastikan kualitas sumber daya manusia Kabupaten Kepahiang berpredikat tinggi pada akhir masa RPJMD,” ujarnya.

Kemudian, Bupati Hidayat juga berujar, penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi (PMPRB) bisa mencapai nilai B. Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) dengan nilai A. Indeks Risiko Bencana (IRB) sebesar 90,26, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) sebesar 52,53 serta Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) 4,58.

“Ini untuk memastikan kembali meningkatnya pergerakan roda perekonomian di Kabupaten Kepahiang terkontraksi menjadi 0,02,” sampainya.(red)

Jaga Cagar Budaya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.