Akan Bangun Tower Repeater Untuk Permudah Komunikasi dengan Pemdes

April 2, 2016
Birokrasi 0   128 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo (Dishubbudparkominfo) Kepahiang berencana membangun tower repeater (RPU= radio pancar ulang) untuk mempermudah komunikasi antara Pemkab Kepahiang dengan Pemerintah Desa (Pemdes). Rencananya tower repeater itu akan didirikan di samping kantor Dishubbudparkominfo Kepahiang.

Tower repeater ini fungsinya memperluas jangkauan komunikasi radio hingga radius 40 hingga 100 km, bahkan bisa lebih. Ini akan memudahkan masyarakat Kabupaten Kepahiang melakukan komunikasi radio lebih baik, terutama ini akan dimanfaatkan untuk komunikasi antarpemerintah desa,” ungkap Kepala Dinas Hubbudparkominfo Kepahiang, Zakaria Anwar, Jumat (1/4/2016).

Komunikasi antarpesawat HT tanpa adanya tower repeater, sambungnya, jangkauan radio kurang jauh. Dengan mempergunakan repeater atau RPU, dengan HT bisa mencapai radius 20 hingga 60 km.

“Harapan kita tak hanya dibangun di sini (samping Kantor Dishubbudparkominfo), tapi di beberapa titik lagi perlu dibangun, agar komunikasi dengan Pemdes bisa semakin lancar,” jelasnya.

Banyak Desa Tak Ada Sinyal Seluler

Menurut Zakaria, sejumlah desa di Kabupaten Kepahiang masih ada yang sulit sinyal telepon seluler, sehingga komunikasi via radio masih diperlukan.

“Penggunaan komunikasi radio HT masih bisa dilakukan untuk daerah di luar jangkauan sinyal seluler. Masih banyak desa yang sulit sinyal, lagi pula dengan komunikasi radio ini bebas dari pulsa,” tandasnya.(pid)

Publikasi BKD Kepahiang Bayar PBB



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.