Berada di Atas Lahan Warga, Mayoritas Potensi Wisata Perlu Dibebaskan

April 18, 2016
Berita Utama Birokrasi 0   290 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Sejumlah potensi destinasi wisata di Kabupaten Kepahiang berada di lahan milik warga. Ini menjadi kendala tersendiri bagi Pemkab Kepahiang untuk pengembangannya, karena harus menggelontoran dana besar untuk pembebasan lahan.

Jika pembebasan lahan tak dilakukan, maka Pemkab tak akan mampu mengeksplorasi atau mengembangkan potensi wsiata yang ada.

“Belum ada destinasi wisata yang ada di Kepahiang ini lahannya dibebaskan untuk dikelola pemerintah. Semuanya masih punya warga, setidaknya jalan menuju lokasi wisata itu masih punya warga,” kata Kepala Bidang Pariwisata, Disbudparhubkominfo Kepahiang, A Syartoni, Sabtu (16/4/2016).

Ia menjelaskan, lokasi wisata yang paling sering dikunjungi, seperti Air Terjun Curug Embun, Danau Musi dan mayoritas air terjun yang ada di Kabupaten Kepahiang belum ada yang 100 Persen dapat dikelola pemerintah.

“Kita hanya bisa promosi dan mengajak orang datang ke Kepahiang, tapi kita tak bisa mengambil PAD (Pendapatan Asli Daerah) apa-apa. Dan untuk pembebasan lahan ini pemerintah butuh dana besar, hingga miliaran,” terangnya.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.