Bukan Dana Kelurahan, Tapi Dana Infrastruktur & Pemberdayaan Kelurahan, Bedanya Apa?

Mei 15, 2019
Birokrasi 0   224 views 0
Rapat dengar pendapat Komisi 1

Ketua Komisi I DPRD Kepahiang Nurrahman Putra memimpin RDP dengan Bagian Pemerintahan, Satpol PP dan lurah (Foto: Amin/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kepahiang Iwan Zamzam Kurniawan menjelaskan, dana kelurahan yang saat ini biasa disebut sejumlah kalangan dinilai kurang tepat. Pasalnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, tidak disebutkan bahwa dana kelurahan digelontorkan dengan teknis yang sama dengan Dana Desa (DD).

“Jadi bukan dana kelurahan sebenarnya, tapi lebih tepatnya dana infrastruktur dan pemberdayaan di kelurahan. Karena dana kelurahan ini tidak sama seperti DD yang di desa-desa itu, teknisnya berbeda,” ungkap Iwan pada audiensi Bagian Pemerintahan Umum, Lurah dan Satpol PP dengan Komisi I DPRD Kepahiang, Selasa (14/05/2019).

Iwan menjelaskan, dana infrastruktur dan pemberdayaan di kelurahan akan menjadikan camat sebagai pejabat Pengguna Anggaran (PA) dan lurah sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

“Dana ini posnya di camat, camat yang akan jadi PA-nya, lurah KPA, jadi memang beda dengan DD. Kemudian, di sini (dana infrastruktur dan pemberdayaan di kelurahan) tidak ada honorarium,” jelasnya.

Iwan Zamzam K

Kabag Pemerintahan Umum Setda Kepahiang saat diwawancarai jurnalis (Foto: Amin/PROGRES.ID)

Kepada jurnalis usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPRD, Iwan menjelaskan, honorarium kegiatan memang tidak boleh dibayarkan pada kegiatan yang menggunakan dana infrastruktur dan pemberdayaan di kelurahan.

“Semuanya kan PNS, misalnya lurah, dia kan sudah digaji pemerintah dan menjalankan tugas itu sudah tanggung jawabnya sebagai aparatur sipil negara dengan  jabatannya. Kemudian, RW misalnya, dia juga sudah digaji. Memang tidak boleh ada honor apa-apa, itu bedanya dengan DD,” teran Iwan.(pid)

Publikasi BKD Kepahiang Bayar PBB



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.