Dari 38.576 yang Rekam Data, Disdukcapil Kepahiang Baru Terbitkan 2.440 KIA

November 7, 2018
Birokrasi 0   130 views 0
Ilustrasi KIA

Ilustrasi : Kompasiana

PROGRES.ID, KEPAHIANG – Dari total 38.576 data anak yang merekam untuk penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepahiang  sudah menerbitkan 2.440 lembar KIA atau baru 6,3 persen. Ini diungkapkan Kepala Bidang Pendataan Pelayanan Kependudukan Disdukcapil Kepahiang, Oly Sitepeu beberapa waktu lalu.

“Kita masih keterbatasan SDM (sumber daya manusia) sehingga pencetakan kurang maksimal, dan kita masih berupaya maksimal hingga tuntas seluruhnya,” aku Oly.

Ia menyebutkan, beberapa kendala lambannya penerbitan KIA karena faktor operator yang hanya satu orang dan keterbatasan jumlah blanko.

“Beberapa kendala itu operator yang   kitapunya cuma satu orang, kemudian ketersediaan blanko yang terbatas.Meski begitu saya yakin seiring waktu target kami tetap tercapai,” jelasnya.

KIA, lanjut Oly, sangat penting untuk memberikan kepastian dan jaminan terhadap hak-hak anak. Ia pun mengharapkan kerjasama yang baik dengan RSUD Kepahiang, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“KIA ini  sama dengan KTP anak, penerbitan KIA mengacu Permendagri Nomor 2 Tahun 2016. Makanya untuk merealisasikan lebih lanjut kita tetap butuh dukungan RSUD Kepahiang, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan,” sampainya.

Oly menjelaskan, KIA terbagi dua jenis, yakni KIA tanpa foto untuk anak usia 0-5 tahun, dan KIA dengan foto untuk anak usia 5-17 tahun.

“Kalau anak dibawah 17 tahun tapi sudah menikah,maka tidak wajib mengurus KIA,” pungkasnya.(koe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.