Dijabat Plt Kades Tak Efektif, Dewan Desak Pemkab Segera Lantik 37 Kades Terpilih

November 6, 2018
Birokrasi Featured 0   91 views 0
Edwar samsi

Wakil Ketua Komisi I DPRD Edwar Samsi S.IP MM saat berbincang dengan para jurnalis di teras Kantor DPRD Kepahiang (Foto: Koko/PROGRES.ID)

PROGRES.ID, KEPAHIANG – Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Edwar Samsi menilai suatu desa yang dipimpin pelaksana tugas (Plt) Kades dalam tempo yang cukup lama tidak efektif memberikan  pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, ia mendesak Pemkab Kepahiang segera melantik 37 kades terpilih hasil Pilkades Serentak 2018.

“Ada beberapa desa yang jabatan kadesnya dijabat Plt, bahkan sudah cukup lama, seperti Desa Suro Baru, Tebat Monok, Bumi Sari dan beberapa desa lain. Ini kan menurut kami tidak efektif, jadi kami minta Pemkab Kepahiang segera melantik kades terpilih hasil Pilkades lalu,” ungkap Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kepahiang ini.
Meski begitu, Edwar tetap tidak memaksa Pemkab Kepahiang melantik kades terpilih yang masih ada polemik Pilkades.
“Segeralah dilantik, untuk apa kita menunggu lama, waktu juga terus berjalan dan pembangunan desa tetap harus dilakukan, tapi kalau yang masih ada polemik, tidak apa ditunda dulu,” sampainya.
Ia menyarankan, sebelum pergantian tahun kades terpilih sudah dilantik dan sudah dapat menjalankan tugasnya pada Januari 2019.
“Januari 2019 kades terpilih sudah bisa menjalankan kegiatannya sebagai kades, jadi kan efektif,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan menjelaskan, rencana awal pelantikan kades adalah tanggal 10 Januari 2019. Saat ini Bagian Umum masih mengoreksi Surat Keputusan (SK) untuk para kades.
“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa kita gelar pelantikan. Kita tunggu saja dulu hasil koreksi dari Bagian Umum atas SK para kades tersebut,” kata Iwan.(koe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.