Disdukcapil Provinsi Bengkulu Minta 1 Desa/Kelurahan Jadi Pilot Project Adminduk, Dewan Kepahiang Minta Ini

Januari 17, 2018
Birokrasi 0   120 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Bengkulu meminta Pemkab Kepahiang mengusulkan satu nama desa atau kelurahan di Kabupaten Kepahiang yang akan dijadikan percontohan (pilot project) desa yang tertib administrasi kependudukan (adminduk).

Hal ini diutarakan Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu M Ikhwan yang didampingi Kadis Dukcapil Kepahiang Nyayu Elia Hasanah saat berdiskusi dengan Komisi I DPRD Kepahiang, Rabu (17/01/2018).

“Kami meminta satu kelurahan atau satu desa saja untuk kita jadikan pilot project tertib administrasi kependudukan atau adminduk,” ungkap Ikhwan pada rapat yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Kepahiang, Nurrahman Putra itu.

Ikhwan menambahkan, desa atau kelurahan yang akan dijadikan pilot project itu harus ada landasan berupa Surat Keputusan (SK) Bupati.

RDP tentang Adminduk antara Komisi I DPRD & Dinas Dukcapil

“Tak cuma ditunjuk satu desa atau kelurahan, kami ingin ada landasannya berupa SK bupati,” sambung Ikhwan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kepahiang Edwar Samsi mengaku mendukung program Disdukcapil Provinsi Bengkulu tersebut.  Meski demikian ia meminta Disdukcapil di Kabupaten Kepahiang dan Provinsi Bengkulu bisa lebih riil membenahi data kependudukan.

“Kami dari Komisi I ini mendukung terus program Dukcapil. Secara anggaran juga kita dukung, asal itu diusulkan. Termasuk soal pilot project desa yang akan dijadikan tertib adminduk ini. Tapi saya tekankan agar Dukcapil bisa lebih riil lagi dalam mendata penduduk, jangan ada lagi warga yang meninggal, pindah masih tercatat,” papar Edwar.(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.