Dulu Keban Agung dan Tangsi Baru, Kini Giliran Kelurahan Ujan Mas Minta Jadi Desa

September 4, 2018
Birokrasi Hukum 0   106 views 0

PROGRES.ID, KEPAHIANG – Masyarakat Kelurahan Ujan Mas Kecamatan Ujan Mas mendatangi kantor DPRD Kepahiang pada Senin (3/9/2018). Kedatangan mereka meminta agar status Kelurahan Ujan Mas dapat diubah menjadi desa.

“Kami merasa pembangunan yang terjadi di Kelurahan Ujan Mas sangat minim, oleh karenanya berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2017 tentang Penataan Desa, tepatnya Pasal 49, kelurahan bisa  menjadi desa. Maka kami meminta agar kelurahan kami dapat diusul menjadi desa,” kata salah seorang perwakilan warga, Riswansyah saat diterima anggota DPRD Kepahiang di ruang Komisi I DPRD Kepahiang.

Menanggapi usulan warga tersebut,  Anggota DPRD Kepahiang yang menerima perwakilan warga Kelurahan Ujan Mas saat itu mengaku mendukung rencana itu. Namun, DPRD menyarankan agar usulan itu disampaikan secara tertulis dalam bentuk proposal permohonan kepada Pemkab Kepahiang.

“Memang benar, kelurahan bisa menjadi desa, untuk itu kami mendukung sepanjang persyaratan terpenuhi dan sesuai mekanisme. Namun hal ini perlu mendapat persetujuan dari bupati,” ujar Anggota DPRD Kepahiang Rica Denis.

Sementara itu, anggota DPRD lainnya, Edwar Samsi menyebutkan, hingga saat ini sudah ada 3 kelurahan yang ingin kembali menjadi desa, yakni Keban Agung, Tangsi Duren dan Ujan Mas.

“Hingga saat ini sudah 3 kelurahan yang ingin jadi desa lagi, yaitu Kelurahan Keban Agung, Tangsi Baru dan sekarang Ujan Mas. Terkait itu, sejauh persyaratan sesuai dengan Permendagri Nomor 1 tahun 2017 itu sah-sah saja,” ungkap Edwar.

Edwar menyarankan, agar warga dapat berkonsultasi dengan Bagian Pemerintahan Umum Setda Kepahiang dan menyusun proposal pengajuan.

“Segera saja susun proposalnya, lalu sampaikan ke Bagian Pemerintahan,” saran Edwar pada rapat dengar pendapat yang dipimpin Zainal tersebut.(koe)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.