Gelar Pilkades Serentak 2021, Bupati Akan Ajukan Anggaran Rp 1,7 Miliar

Juni 16, 2021
Berita Utama Birokrasi 0   260 views 0
Rakor Forkopimda

Kepala Dinas PMD Ir. ris Irianto memaparkan rencana Pilkades Serentak 2021 (Foto: Humas DPRD)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid mengatakan akan mengajukan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 senilai Rp 1,7 Miliar. Dana ini akan diajukan pada Perubahan APBD tahun 2021.

“Kebutuhan anggaran akan kita ajukan pada perubahan APBD Tahun 2021. Tentunya setiap desa yang menggelar pilkades akan berbeda jumlah kebutuhan anggaranya, sesuai dengan jumlah mata pilih setiap desa. Kepala Dinas PMD sudah menyusun kebutuhan anggaran sebesar 1,7 Miliar. Akan dibahas kembali bersama TAPD dan DPRD,” ungkap Bupati Hidayattullah saat rapat penguatan koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Kepahiang, Rabu (16/06/2021).

Bupati Hidayat menyebut, akan ada 69 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades. Rencananya Pilkades Serentak ini akan digelar pada 12 November 2021.

“Melalui rapat koordinasi hari ini, kita sudah harus mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari pengajuan anggaran, pengisian jabatan Kades yang akan berakhir sebelum November mendatang, serta teknis pembentukan kepanitiaan dalam penyelenggaran Pilkades Serentak tahun 2021 ini,” kata Bupati Hidayat.

Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan, SP menyampaikan pendapatnya pada Rakor Forkopimda terkait rencana Pilkades Serentak 2021 (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

Bupati Hidayat mengharapkan, DPRD Kabupaten Kepahiang dapat mendukung penganggaran dana Pilkades 2021.

“Untuk menyukseskan Pilkades Serentak, yang akan pertama kalinya kita gelar ini, Eksekutif tentu membutuhkan dukungan Legislatif terkait pengesahan anggarannya. Untuk itu, harapan kami DPRD Kepahiang dapat bekerjasama demi suksesnya Pilkades ini,” sampainya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan menegaskan, DPRD mendukung pelaksanaan Pilkades Serentak 2021. Windra mengatakan, DPRD akan mencermati anggaran perubahan mendatang dan mengalokasikan dana Pilkades sesuai kebutuhan.

“Harapan kami (DPRD Kepahiang), penyelenggaran Pilkades Serentak di 69 desa ini nanti dapat berjalan secara  aman, jujur dan adil hingga terpilihnya kepala desa yang baik dan berintegritas. DPRD akan mendukung sesuai dengan tugas pokok, baik dari segi anggaran dan pengawasan pelaksanaan Pilkades ini sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” tutur Windra.(rls/red)

Jaga Cagar Budaya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.