Hari Pertama Kerja, Wabup Zurdi Nata Buka Musrenbangcam Ujan Mas

Maret 2, 2021
Birokrasi 0   265 views 0
Zurdi Nata

Wakil Bupati Kepahiang H. Zurdi Nata, S.IP saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Musrenbangcam Ujan Mas (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Wakil Bupati Kepahiang, Zurdi Nata membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Ujang Mas pada hari pertamanya masuk kerja, Selasa (02/03/2021).

Pada kegiatan yang digelar di Aula SMAN 3 Kepahiang Kecamatan Ujan Mas tersebut, Zurdi Nata menegaskan, Musrenbang adalah langkah awal untuk melakukan sinkronisasi antara aspasirasi rakyat dan visi misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Melalui forum musyawarah seperti ini, para pemangku kepentingan dapat membahas dan menyepakati langkah-langkah penetapan program prioritas, dan sinkronisasi terhadap visi misi Bupati dan Wakil Bupati,” tegas Nata.

Nata berujar, azas perencanaan dan penganggaran harus benar-benar efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Harus benar-benar efektif, efisien dan akuntabel. Kemudian penajaman skala prioritas jadi dasar dalam kita mengusulkan serta menetapkan program dan kegiatan, karena anggaran yang kita miliki ini sangat terbatas,” imbuh Wakil Ketua I DPRD Kepahiang periode 2014-2019 ini.

Efisiensi, lanjut Nata, harus cermat mengingat refocusing anggaran masih akan dilakukan terkait program nasional vaksinasi dan penanganan Covid-19.

“Refocusing tetap harus kita lakukan dalam penanganan covid-19 ini. Pemerintah pusat melalui suratnya mewajibkan kembali pemerintah daerah untuk menyediakan anggaran hingga 8 Persen dari DAU untuk penanganan pandemi ini,” jelasnya.

Zurdi Nata berharap, tidak lagi ada perbedaan usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang yang baru ini. Semua harus fokus membangun Kepahiang agar semakin baik.

“Harapan saya melalui musrenbang ini, sinkronisasi program dan kegiatan dapat disepakati. Mohon dukungan dan doa dalam menjalankan visi dan misi yang kami emban. Kita harus buang jauh perbedaan dan mari bersama-sama membangun Kepahiang,” pungkas Nata.

Sebelumnya, Plt Kepala Bappeda Feri Irawan dalam laporannya menjelaskan, Musrenbang ini merupakan kegiatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022. RKPD tersebut merupakan bagian dari RPJMD Kabupaten Kepahiang periode 2021-2026.

“Sebagai mana kita ketahui ini belum disusun dan ditetapkan, namun berpedoman pada Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Raperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD, kita berjalan secara simultan terhadap penyusunan RPJMD ini,” jelas Feri.

Menurut Feri, RKPD selambatnya sudah harus ditetapkan enam bulan setelah Bupati dan Wakil Bupati dilantik.

“RKPD yang disusun ini merupakan bagian dari RPJMD 2021-2026 yang merupakan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang didalamnya terdapat isu strategis dan program prioritas daerah. Berpedoman pada aturan dimaksud, RPJMD ini paling lambat ditetapkan enam bulan setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati,” jelas Feri.(rls/red)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.