Ini Beberapa Pasal yang Bakal Diubah dalam Tata Tertib DPRD Kepahiang

September 1, 2019
Birokrasi Hukum 0   247 views 0
Panja Tatib DPRD

Wakil Ketua Sementara DPRD Kepahiang Andrian Defandra memberikan arahan kepada Panja Tatib dalam penyusunan Tatib DPRD (Foto: Humas DPRD Kepahiang/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Panitia Kerja Tata Tertib (Panja Tatib) DPRD Kepahiang telah membahas sejumlah perubahan pasal dalam Tatib DPRD. Setidaknya sejumlah pasal harus diubah karena menyesuaikan dengan kondisi kekinian di legislatif maupun eksekutif.

Misalnya, pasal tentang mitra kerja komisi yang harus disesuaikan dengan nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat ini. Kemudian, adanya perubahan fraksi-fraksi di DPRD dan jumlahnya.

Pasal tentang hari kerja DPRD juga menyesuaikan dengan hari kerja ASN Kepahiang saat ini, yakni 5 hari kerja. Kemudian, ada pasal yang mewajibkan tentang kehadiran Kepala OPD pada rapat-rapat dengan DPRD yang tidak boleh diwakilkan. Ini dibuat agar bisa cepat mengambil keputusan. Selain itu, ada pasal tentang pakaian anggota DPRD.

Ketua Panja Tatib DPRD H Thobari Muad menuturkan, penyusunan Ttaib harus mengacu Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua UU 23 tahun 2014.

“Kemudian, juga harus memedomani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Adminiatrasi Pimpinan dan Anggota DPRD, PP Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tatib DPRD, Peraturan DPRD Kepahiang No 26 Tahun 2018 Tentang Tatib DPRD Kepahiang,” terang Thobari.

Sebelumnya dalam sidang paripurna pembentukan Panja Tatib da Kode Etik, Ketua Sementara DPRD Kepahiang, Windra Purnawan menegaskan, Panja akan bekerja dengan didampingi ahli serta memedomani aturan yang berlaku.

“Kepada seluruh anggota, saya harapkan dapat segera melaksanakan pembahasan peraturan DPRD Kabupaten Kepahiang tentang Tata Tertib dan Kode Etik ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Windra.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.