Jelang Mayday, KSPSI Ingatkan Penting Bentuk Depekab

April 19, 2016
Berita Utama Birokrasi 0   312 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Menjelang peringatan Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut MayDay, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kepahiang menyuarakan agar tahun ini Dewan Pengupahan Kabupaten (Depekab) Kepahiang bisa terbentuk.

“Momentum Mayday 2016 ini, kami mengingatkan lagi bahwa Depekab Kepahiang perlu dibentuk. Kami sudah mengusulkan ini sejak tahun lalu dan belum ditanggapi oleh Pemkab Kepahiang, harapan kita tentu tahun ini minimal ada pondasi pembentukan Depekab ini,” ungkap Ketua KSPSI Kepahiang, Selasa (19/4/2016).

Menurut Edwar, Pemkab merupakan salah satu unsur yang wajib ada dalam pembentukan Depekab.

“Unsur Depekab itu kan Pemkab, kemudian serikat pekerja, dan unsur lainnya. Kami yakin jika Pemkab mau memikirkan nasib buruh, maka ini harus disegerakan,” imbuhnya.

Edwar menjelaskan, Setelah Depekab terbentuk, maka Depekab ini bisa melakukan kajian Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebagai dasar menentukan Upah Minimum Kabupaten (UMK).

“Kepahiang sudah 12 tahun tapi belum memiliki standar UMK. Jadi momentum Mayday (Hari Buruh Internasional) 1 Mei mendatang, menjadi refleksi kita bersama agar kesejahteraan buruh bisa lebih baik. Untuk itu Depekab juga harus terbentuk segera,” demikian Edwar.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.