Kelola Keuangan, Pemerintah Desa Wajib Pedomani Regulasi Ini

Progres Kepahiang
ca,at tebat karai monitoring
Camat Kecamatan Tebat Karai Renal Saputro saat memberikan arahan kepada 5 Pemdes se-Kecamatan Tebat Karai (Foto: Dok Kecamatan TK/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Camat Tebat Karai Renal Saputro mengingatkan Pemerintah Desa di Kecamatan Tebat Karai untuk memedomani regulasi yang telah ditekankan Pemerintah Pusat dalam mengelola keuangan desa.

“Kepada semua Pemerintah Desa untuk memahami betul regulasi tentang pengelolaan keuangan desa. Soal ini ada di dalam Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa dan Permendagri 73 Tahun 2020,” ungkap Renal yang juga didampingi Sekretaris Kecamatan Abu Bakar dan Kasi PMD Rozi Azandi saat menggelar pembinaan dan pengawasan tata kelola keuangan terhadap 5 Desa di wilayah kecamatan Tebat Karai, Selasa (01/11/2022).

Berdasarkan regulasi itu pula, lanjut Renal, Pemerintah Kecamatan Tebat Karai melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja Pemdes.

“Mengacu pada Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Permendagri 73 Tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa, maka hari ini kami melakukan monitoring dan evaluasi,” imbuh Renal.

monitoring camat
Dok. Pemcam Tebat Karai

Ia juga mengingatkan pentingnya musyawarah desa sebelum menetapkan RKPDesa dan RPJMDesa.

“RKPDesa dan RPJMDesa harus ditetapkan tepat waktu dan berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah yang melibatkan semua unsur sesuai regulasi yang ada. Baik itu perangkat desa dan BPD,” terangnya.

Renal mengingatkan bendahara desa untuk menyimpan atau mendokumentasikan dengan baik dokumen transaksi belanja.

“Kita hanya memberikan saran dan masukan untuk perbaikan tata kelola keuangan desa sesuai peraturan perundangan termasuk melengkapi dokumen transaksi belanja dan dokumen lainnya sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Hasil Pembinaan dan pengawasan ini akan kita sampaikan kepada Bupati Kepahiang sesuai dengan Permendagri,” tutup Renal. (red)

sukseskan anbk smp



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.