Nihil Dana Monitoring, Penggunaan Dana Hibah KUBE Tak Terevaluasi

Juli 20, 2018
Birokrasi Featured Hukum 1   155 views 0

Kabid Sosial Sujarno Dwi Santoso | Foto: Koko/PROGRES.ID

PROGRESKEPAHIANG.com– Pada tahun ini (2018), dari 70 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang diusulkan oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, hanya 5 KUBE yang menerima bantuan.

“Tiap KUBE menerima bantuan senilai Rp 7 Juta  dari APBD Provinsi Bengkulu. Rencananya akan menyusul bantuan dari APBN senilai Rp 20 Juta. Dana tersebut berbentuk dana hibah. Dari 5 KUBE yang terealisasi itu ada 3 KUBE berasal dari Kelurahan Pensiunan dan 2 KUBE lagi dari Kelurahan Dusun Kepahiang,” ungkap Kabid Sosial Sujarno Dwi Santoso kepada sejumlah jurnalis, Kamis (19/07/2018).

Menurutnya, karena ketiadaan dana monitoring, maka progres kegiatan KUBE yang telah berjalan sejak tahun 1989 hingga sekarang belum diketahui secara pasti.

“Yang melaksanakannya kita belum cek om, kita juga belum melakukan evaluasi, namun rencananya ini akan dievaluasi, masalahnya gini om, jadi kita untuk datang ke KUBE nggak ada anggaran monitoring,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa monitoring penggunaan dan perkembangan KUBE juga tak dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi Bengkulu.

“Iya, monitoring dari atas dari tingkat satu nggak ada. Seharusnya laporan KUBE dilakukan per triwulan,” jelasnya.

Diakuinya, program KUBE ini telah bergulir sejak tahun 1989 dan selama menjabat sebagai Kabid Sosial ia tak memantau perkembangan maupun keberadaan KUBE penerima bantuan tersebut.

“Kalo nggak salah itu sejak tahun 1989, KUBE itu sudah ada dan itu belum ada yang terpantau selama ini. Bantuan KUBE itu juga bersifat hibah jadi kita mengendalikan dari sifatnya sosial, Dinas Sosial tingkat satu maupun Kementerian itu sifatnya untuk supaya orang itu sejahtera jadi mengembangkan, sifatnya itu memberi pembinaan supaya ia berkembang,” jelas Sujarno.(koe)



Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.