Pemdes Muara Langkap Tanyakan Lahan yang Ditinggal Transmigran

Mei 23, 2016
Berita Utama Birokrasi 0   164 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Langkap, Kecamatan Bermani Ilir mempertanyakan kejelasan lahan Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) di desanya. Kepala Desa Muara Langkap Noto Sugianto mengungkapkan bahwa pemukiman TSM itu kini telah ditinggalkan penghuninya.

“Pemukiman TSM itu kira-kira luasnya 76 Hektar, kini sudah banyak ditinggalkan penghuninya pulang lagi ke daerahnya. Kami mempertanyakan kejelasan lahan transmigrasi itu, mulai batas-batasnya, kemudian statusnya sudah seperti apa,”  ungkap Noto beberapa waktu lalu.

Diterangkannya, pemukiman TSM itu sebelumnya dihuni oleh trasmigran asal DKI Jakarta dan Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

“Kami nilai perlu ada kejelasan soal ini, supaya nanti tidak timbul klaim dari sebagian warga soal lahannya. Dinas Sosial Transmigrasi perlu memperjelas ini,” imbuhnya.

Noto mengaku sudah menanyakan hal itu ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kepahiang, namun Pemdes Muara Langkap belum mendapat kepastian mengenai hal itu.

“Saya sudah tanya ke Dinas Transmigrasi, tapi mereka belum bisa menunjukkan batas-batas lahan lokasi TSM itu,” pungkas Noto.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.