Pemkab Kepahiang Siapkan 69 Pjs Kades

Juni 25, 2021
Birokrasi 0   237 views 0
Iwan Zamzam K

Kabag Pemerintahan Umum Setda Kepahiang saat diwawancarai jurnalis (Foto: Amin/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Pemkab Kepahiang telah dan menyiapkan Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa untuk 69 desa di Kabupaten Kepahiang. 69 desa ini rencananya akan menggelar Pilkades pada November mendatang.

“Tidak semuanya yang 69 desa itu akan diisi Pjs Kades sebelum Pilkades. Ada yang diisi Pjs Kades setelah kadesnya habis masa jabatan,” ungkap Kepala bagian Pemerintahan Setda Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, Kamis (24/06/2021).

Menurut Iwan, berdasarkan Permendagri Nomor 66 Tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, Pjs Kades yang ditunjuk adalah Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sesuai regulasinya, Pjs Kades harus dari kalangan ASN,” imbuh Iwan.

Ia menjelaskan juga, bagi Kades yang masa jabatannya belum habis sebelum Pilkades, maka diwajibkan cuti, jika kembali menjadi calon kades.

“Kalau maju lagi di Pilkades, wajib cuti. Tapi setelah cuti tak bisa aktif lagi kalau masa jabatannya sudah habis usai Pilkades. Jabatannya otomatis langsung habis,” tukasnya.

Untuk diketahui, akan ada 69 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades di Kabupaten Kepahiang. Rencananya Pilkades Serentak ini akan digelar pada 12 November 2021.(pid)

Jaga Cagar Budaya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.