Sama-Sama Usul Perda, Bupati dan DPRD Kepahiang Kompak Terima dan Sahkan

Agustus 9, 2021
Berita Utama Birokrasi 0   235 views 0
Pengesahan raperda

Serah terima berita acara pengesahan Raperda (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – DPRD Kabupaten Kepahiang mengesahkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Perda pada sidang paripurna yang digelar pada Senin (09/08/2021). Perda itu yakni, Perda RPJMD Kabupaten Kepahiang tahun 2021-2026 yang diusulkan oleh Eksekutif dan Perda tentang Kepemudaan yang merupakan inisiatif DPRD Kepahiang.

Empat fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Kepahiang menerima usulan raperda RPJMD 2021-2026 menjadi Perda. Meski demikian, fraksi-fraksi tersebut meminta Raperda RPJMD 2021-2026 benar-benar bisa diterjemahkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi program sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang.

Begitu juga dengan Bupati Kepahiang. Ia menyatakan menerima Raperda tentang Kepemudaan menjadi Perda agar bisa membantu merealisasikan pembangunan di Kabupaten Kepahiang yang berkaitan dengan kepemudaan.

“Dengan terbentuknya Perda tentang Kepemudaan, maka para pemuda khususnya di Kabupaten Kepahiang memiliki payung hukum untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Kepahiang,” kata Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid.

Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang mengikuti sidang paripurna (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

Dalam pidatonya, Bupati Hidayat juga memaparkan sejumlah target capaian Pemkab Kepahiang hingga 2026. Diantaranya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 71,57. Kemudian Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dengan nilai B. Indeks Risiko Bencana (IRB) 90,26, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) 52,53, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sebesar 4,58 serta tingkat pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 8 persen.

“Hal ini merupakan upaya bagi kita untuk meminimalisir ketergantungan transfer keuangan dari Pemerintah Pusat,” imbuh Hidayat pada sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Windra Purnawan didampingi Waka I Andrian Defandra, Waka II Thobari Muad dan Wabup Zurdi Nata.(red/rls)

Jaga Cagar Budaya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.