Sejak 2012 Menanti, Bupati Kepahiang Serahkan 39 SHM Bagi Transmigran di Pagar Gunung

Januari 15, 2021
Berita Utama Birokrasi 0   258 views 0
pembagian sertipikat

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU bersama Kepala OPD, Kades Pagar Gunung dan penerima sertipikat berfoto bersama (Foto: Julian/Diskominfo/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid menyerahkan sebanyak 39 Sertipikat Hak Milik (SHM) bagi warga Dusun 3 Desa Pagar Agung, Kecamatan Bermani Ilir pada Jumat pagi (15/01/2021) di halaman rumah Kades Pagar Agung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang Ris Irianto menyampaikan, 39 warga Dusun 3 Desa Pagar Gunung ini telah menunggu sertipikat tersebut sejak tahun 2012. Ia bercerita, pada tahun 2012 tersebut, Kabupaten Kepahiang menerima warga transmigrasi dari pulau Jawa yang kemudian ditempatkan di Dusun 3 Desa Pagar Agung. Namun, sejak tahun 2012 itu juga belum ada perhatian tentang alas hak pengelolaan lahan milik transmigran tersebut.

“Pada tahun 2020 akhirnya kita usulkan untuk dibuatkan sertipikatnya dengan tujuan kejelasan alas hak untuk warga transmigrasi ini. Ini semua terwujud atas inisiatif Bupati Kepahiang agar warganya bisa mengolah lahan dengan tenang,” ujar Ris Irianto saat menyampaikan laporannya.

Bupati menyerahkan sertipikat

Bupati Kepahiang Dr.Ir Hidayattullah Sjahid, MM menyerahkan sertipikat kepada salah seorang transmigran (Foto: Diskominfo/PROGRES.ID)

Ris menambahkan, lahan yang disertipikatkan terletak bukan hanya di Desa Pagar Agung, namun juga ada di Desa Sosokan Cinta Mandi, dan Desa Cinta Mandi.

“Sebenarnya ada 50 lahan yang akan disertipikatkan, namun setelah diseleksi dan yang memenuhi admninistrasi baru 39 lahan yang disertipikatkan. Sisanya Insha Allah akan segera diselesaikan jika administrasinya sudah lengkap,” tambah Ris Irianto.

Pada kesempatan yang sama, Kades Pagar Agung Herman Swi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepahiang yang dinilainya tidak abai dengan warga transmigran.

“Saya mewakili warga yang mendapatkan sertipikat hari ini mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kepahiang yang telah peduli kepada warga kami,” singkat Herman Swi

Sementara itu, Bupati Kepahiang dalam arahannya meminta kepada warga yang telah mendapatkan sertipikat agar lahan yang ada dijaga dengan baik, sertipikat yang sudah ada juga untuk disimpan sebaik-baiknya.

“Saya minta warga yang sudah ada sertipikatnya dapat memanfaatkan lahan yang ada. Tanami lahan tersebut dengan tanaman buah yang menghasilkan. Batas-batas juga harus diberi tanda agar tidak menjadi sengketa dikemudian hari,” pesan Bupati Hidayat.

Hidayat meminta, sertipikat tersebut hendaknya dijaga dengan baik, bila perlu dapat diwariskan sampai ke anak-cucu.

“ Sertipikat ini hendaknya dijaga dengan baik sampai ke anak-cucu kita. Jika tidak dalam keadaan mendesak seperti menyekolahkan anak, atau ada anggota keluarga yang sakit keras, saya harap sertipikat ini jangan diperjualbelikan,” imbuhnya.

Kepada kepala OPD yang hadir Bupati Hidayat juga berpesan untuk dapat memperhatikan warga desa Pagar Agung yang telah mendapatkan sertipikat ini.

“Kepada kepala OPD juga harap diperhatikan mereka ini. Contoh Dinas Pertanian mungkin bisa memberikan bibit gratis kepada warga ini agar dapat menggarap lahannya dengan maksimal,” pungkasnya.(rilis)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.