Sidang Paripurna, Bupati Ajak Banggar DPRD Bahas Defisit Rancangan APBD-P 2020

September 11, 2020
Advertorial Birokrasi 0   265 views 0
Nota keuangan APBD P

Bupati Dr . Ir Hidayattullah Sjahid, MM menyerahkan dokumen nota keuangan APBD Perubahan 2020 kepada Ketua DPRD Windra Purnawan, SP (Foto: Humas DPRD)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid mengajak Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepahiang membahas defisit anggaran dalam rancangan Perubahan APBD 2020. Ini diungkapkannya pada sidang paripurna dengan agenda penyampaian nota keuangan rancangan APBD Perubahan Kabupaten Kepahiang tahun anggaran 2020 di ruang sidang utama kantor DPRD Kepahiang, Jumat (11/09/2020).

“Defisit yang ditimbulkan kiranya dapat dibahas kembali oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kepahiang dan terimakasih saya sampaikan kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kepahiang, TAPD dan OPD, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita semua,” kata Bupati Hidayat dalam sambutan tertulisnya.

Ia juga menjelaskan, penyusunan Rancangan APBD Perubahan tahun 2020 berpedoman pada Permendagri nomor 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2020 serta mengacu pada PPAS yang telah disepakati antara pemerintah dan DPRD dengan asumsi dasar yang diantaranya, penyesuaian belanja yang bersumber dari dana transfer pemerintah pusat, terdapat prioritas program dan kegiatan yang harus dilaksanakan tahun 2020. Kemudian, pengalihan dana pada pembiayaan ke belanja langsung, serta terdapat prioritas belanja yang terikat dan terjadi pengalihan objek belanja pada OPD.

Bupati Hidayat juga menjelaskan pada masa pandemi covid-19 triwulan pertama tahun 2020 menyebabkan terhentinya aktifitas ekonomi yang menyebabkan kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat sehingga diperlukan penyempurnaan APBD untuk diselaraskan dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Kita sadari, tidak semua aspirasi masyarakat dapat kita laksanakan pada tahun ini,mengingat keterbatasan sumber daya, waktu dan dana yang dimiliki,namun percayalah bahwa penyusunan rancangan perubahan APBD telah didasarkan atas skala prioritas dan kebijakan umum APBD yang telah disepakati bersama,” sampai Bupati.

Secara umum rancangan perubahan APBD Kabupaten kepahiang tahun 2020 adalah pendapatan daerah sebesar Rp.752.297.017,294,98 dengan belanja daerah Rp.866.403.896.220,62 dengan Pembiayaan daerah netto sebesar Rp.110.184.669.884,24 dengan demikian defisit anggaran setelah dikurabgi pembiayaan netto sebesar Rp.( 3.922.209.041,40),” jelasnya pada rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Windra Purnawan didampingi Wakil Ketua II Drs.H.M.Thobari Muad dan dihadiri 15 anggota DPRD Kabupaten Kepahiang.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah menerima nota keuangan rancangan perubahan APBD kabupaten kepahiang tahun 2020 dengan baik dan lancar, atas nama lembaga DPRD saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setingi tinginya kepada undangan dan hadirin yang hadir dalam rapat Paripurna hari ini,” sampai Windra.(rls/adv)

Logo Warta Parlemen Kepahiang
tata cara pencoblosan



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.