Soal Kelurahan Jadi Desa, Ini 2 Kabupaten yang Juga Berjuang Ubah Status Kelurahan

September 5, 2018
Birokrasi 0   111 views 0

PROGRES.ID, KEPAHIANG – Tercatat sudah 3 kelurahan di Kabupaten Kepahiang yang warganya menginginkan perubahan status kelurahan menjadi desa. Tiga desa itu adalah Kelurahan Keban Agung Kecamatan Bermani Ilir, Tangsi Baru Kecamatan Kabawetan dan Kelurahan Ujan Mas Kecamatan Ujan Mas.

Keinginan perubahan status itu dipicu kecemburuan warga kelurahan yang tidak mendapat bantuan pusat seperti desa yang memiliki ADD dan DD.

Melansir Tempo.co (27 Juli 2016), Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono mengaku mendapat laporan bahwa dalam setahun kelurahan-kelurahan di tingkat kota ingin diubah statusnya menjadi desa.

“Dulu mereka berbondong-bondong meminta jadi kelurahan karena ingin jadi pegawai negeri,” kata Soni kala itu.

Namun, sejak terbitnya Permendagri Nomor 1 Tahun 2017, keinginan menjadikan kelurahan menjadi desa dinilai lebih berpeluang.

Alur perubahan kelurahan jadi desa

Sumber: Radar Bali/PROGRES.ID

Di Kabupaten Badung, Provinsi Bali dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Jambi menjadi contoh daerah yang sedang berjuang mengubah status kelurahan menjadi desa. Bahkan, di Badung ada 16 kelurahan sekaligus yang diusulkan untuk diubah statusnya menjadi desa.

Dua kabupaten ini sudah sejak beberapa tahun lalu mengusulkan perubahan status kelurahan tersebut, meski belum kunjung terwujud hingga 2018 ini.

Dikutip dari Radarbali.jawapos.com, (23/03/2018) usulan perubahan status kelurahan menjadi desa telah diusulkan Pemkab Badung ke Pemprov Bali untuk diusulkan ke Kemendagri agar segera mendapat nomor register desa.

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menegaskan, terbitnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, seluruh kelurahan yang ada di Kabupaten Badung memungkinkan untuk berubah statusnya menjadi desa.

“Tentu terkait dengan proses perubahan status kelurahan menjadi desa di Kabupaten Badung tersebut perlu adanya pengajuan perubahan status agar disesuaikan dengan bunyi pasal 67 ayat 1 Permendagri Nomor 1 Tahun 2017,” ujar I Ketut Suiasa.

Sementara itu, dilansir Metrojambi.com, Kabupaten Tanjabtim sudah mengusulkan 6 kelurahan menjadi desa.

“Enam kelurahan yang akan diajukan menjadi desa, tiga kelurahan diantaranya berada di Kecamatan Muarasabak Barat. Kemudian satu kelurahan di Kecamatan Kuala Jambi, Dendang, dan Kecamatan Rantau Rasau,” ungkap Kabag Pemerintahan Desa Setda Tanjabtim, Aruji pada berita yang diterbitkan tahun 2017 itu.

Meski demikian, dua kabupaten ini masih harus berjuang untuk merealisasikan hal tersebut, mengingat Kemendagri pernah menyebut perubahan status kelurahan menjadi desa adalah langkah mundur.(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.